Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/79227
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPrasetyono, S-
dc.contributor.authorPrasetyono, D.K-
dc.date.accessioned2017-02-01T03:58:06Z-
dc.date.available2017-02-01T03:58:06Z-
dc.date.issued2017-02-01-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79227-
dc.descriptionFakultas Teknik Universitas Jember Jl. Kalimantan 37 Jemberen_US
dc.description.abstractPenggunaan multipenggerak mobil listrik memegang peranan yang sangat penting pada mobil listrik karena kendaraan jenis ini membuat kinerja mobil lebih efektif dan efisien. Kondisi ini semakin kompleks ketika mobil listrik dijalan raya dengan kondisi lalulintas yang padat dan beban pengguna yang bervariasi, mengakibatkan mobil listrik seringkali bergerak dengan kecepatan yang tidak konstan. Dengan kecepatan mobil dan beban yang seringkali berubah-ubah maka dengan satu motor listrik sebagai penggerak mobil akan semakin membutuhkan banyak energi listrik untuk menstarting motor. Bila keadaan ini tidak segera diatasi maka daya baterai akan segera habis. Hal ini akan membuat kinerja mobil tidak efisien, yang mengakibatkan keadaan yang tidak nyaman bagi pemakai mobil listrik. Untuk mengatasi masalah tersebut biasanya digunakan multimotor sebagai penggerak mobil litrik. Target khusus dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan dan mengembangkan model kontrol mobil listrik multi penggerak yang berbasis Fuzzy Neural Network. Kecepatan dan beban yang berubah-ubah dipetakan dari model aliran daya listrik menjadi model dengan menggunakan jaringan syaraf tiruan (Neural Network) untuk proses sinkronisasi antar penggerak. Dengan menggunakan metode pelatihan menggunakan NN maka perbedaan kecepatan antar penggerak akibat beban fluktuatif yang digunakan oleh mobil listrik dapat segera diketahui, sehingga antar penggerak akan tetap sinkron tanpa ada selip kecepatan. Dengan demikian maka daya listrik dari baterai yang masuk ke dalam motor akan lebih efisien meskipun beban pada mobil listrik berubah-ubah saat perjalanan. Untuk menganalisis sinkronisasi antar penggerak berbasis kecerdasan buatan pada mobil listrik maka diperlukan suatu kontrol. Kontrol diperlukan untuk mengetahui perbedaan kecepatan antar penggerak terhadap perubahan beban. Ada tiga bagian dari input kontrol yaitu: tegangan, arus, dan variasi kecepatan. Penelitian ini diawali dengan membuat pemodelan dan simulasi menggunakan Matlab/Simulink yang diimplementasikan pada eksperimen skala laboratorium dengan menggunakan seperangkat Pengemudian Elektrik Set dengan beban sebagai representasi dari mobil listrik. Beban disimulasikan dengan kondisi umum dijalan raya meliputi starting, kecepatan konstan, turunan dan pengereman. Energi listrik disuplai dari baterai sebagai sumber energi utama.en_US
dc.description.sponsorshipHibah Bersaing 2016en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseriesHibah Bersaing;2016-
dc.subjectFuzzy Neural Networken_US
dc.subjectMultipenggeraken_US
dc.subjectmobil listriken_US
dc.subjectpemetaanen_US
dc.subjectradial basis functionen_US
dc.titleRANCANG BANGUN MOBIL LISTRIK MULTI PENGGERAK BERBASIS FUZZY NEURAL NETWORKen_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:LRR-Hibah Bersaing

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
abstrak dan eksekutive_Suprihadi_HB-2016.pdf319.29 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.