Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/79204
Title: Kajian Tata Rias dan Kostum Tokoh Maleficent
Authors: Rozi, Romdhi Fathur
Astuti, Soekma Yeni
AINI, ERNIK QURROTUL
Keywords: Tata Rias dan Kostum Tokoh Maleficent
Issue Date: 31-Jan-2017
Abstract: Penelitian ini akan mengkaji karakter tokoh Maleficent sebagai seorang peri. Selain mengkaji karakter tokoh Maleficent, penelitian ini juga mengkaji tata rias dan kostum yang dikenakan oleh tokoh Maleficent dengan menggunakan teori semiotika Charles Sanders Peirce. Teori semiotika Peirce yang akan digunakan adalah klasifikasi jenis tanda yaitu ikon, indeks dan simbol. Klasifikasi jenis tanda tersebut akan digunakan untuk memaknai tata rias dan kostum yang digunakan tokoh Maleficent ketika Maleficent kecil, dewasa, berkarakter protagonis dan antagonis. Tata rias dan kostum seorang tokoh dapat memberikan berbagai informasi untuk mengetahui karakter yang diperankan seorang tokoh, sehingga untuk memaknai tata rias dan kostum tokoh Maleficent, klasifikasi jenis tanda yaitu ikon, indeks, dan simbol cocok digunakan sebagai pisau bedah. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa karakter tokoh Maleficent sebagai nonmanusia didukung dengan tata rias dan kostumnya. Karakter nonmanusia Maleficent sebagai seorang peri menunjukkan fisiknya sebagai seorang wanita dewasa dengan dua tanduk di kepalanya dan dua sayap di punggungnya. Tata rias dan kostum yang digunakan Maleficent mendukung karakternya sebagai seorang peri hutan. Karakter tokoh Maleficent juga mengalami perkembangan mulai dari Malleficent kecil, Maleficent remaja dan Maleficent dewasa yang diperankan oleh tiga orang yang berbeda. Proses perubahan karakter dari protagonis menuju antagonis kemudian kembali menjadi protagonis terjadi saat Maleficent sudah dewasa. Malefient pada awalnya memiliki karakter yang baik namun berubah jahat karena penghiatan yang dilakukan oleh orang yang dicintainya. Namun, Maleficent mulai berubah setelah mengawasi Aurora dan pada akhirnya menjadi baik setelah berinteraksi dengan Aurora. Tata rias dan kostum tokoh Maleficent juga mendukung perubahan karakternya dari protagonis menjadi antagonis kemudian kembali menjadi protagonis. Tata rias dan kostum tokoh Maleficent ketika berperan protagonis berbeda dengan saat berperan antagonis kemudian kembali menjadi protagonis. Pada karakter protagonis Maleficent dibagi menjadi tiga yakni Maleficent kecil, Maleficent dewasa, dan Maleficent pasca antagonis. Tata rias dan kostum Maleficent kecil dan dewasa menggunakan riasan yang terlihat alami dengan kostum sederhana. Nuansa warna yang digunakan oleh Maleficent kecil dan dewasa adalah warna coklat dan hijau tua kehitaman. Berbeda dengan tata rias dan kostum tokoh Maleficent kecil dan dewasa, Maleficent parca antagonis adalah karakter protagonis Maleficent setelah menejadi
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79204
Appears in Collections:UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ERNIK QURROTUL AINI - 110110401016.pdf3 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools