Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/79160
Title: | Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B Dalam Mengenal Konsep Ukuran Besar dan Kecil Menggunakan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Benda Nyata Di TK PGRI 03 Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017 |
Authors: | Yuliati, Nanik Lathief, Misno A. Wardani, Khoirul Imama Kusuma |
Keywords: | Kemampuan Kognitif Anak Demonstrasi Media Benda Nyata |
Issue Date: | 25-Jan-2017 |
Series/Report no.: | 120210205004; |
Abstract: | Perkembangan kognitif adalah perkembangan kecerdasan atau berpikir pada pengetahuan anak. Salah satu cara anak agar proses belajar mereka memperoleh kesempatan untuk mempelajari berbagai hal baru. Konsep pemahaman ukuran pada anak sangat diperlukan karena tanpa adanya konsep pengukuran yang jelas anak akan sulit dalam menentukan benda yang berukuran pendek dan benda yang berukuran panjang, benda yang berukuran kecil dan benda yang berukuran besar. Berdasarkan hasil observasi di TK PGRI 03 Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso, kemampuan kognitif anak kelompok B tergolong rendah. Hal ini disebabkan karena sekolah tersebut jarang melakukan kegiatan belajar mengajar menggunakan media benda nyata. Berdasarkan uraian di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) bagaimanakah penerapan media benda nyata pada anak kelompok B3 dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep ukuran besar dan kecil menggunakan metode demonstrasi berbantuan media benda nyata di TK PGRI 03 Sukosari Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017 ?. 2) bagaimanakah peningkatan kemampuan anak kelompok B3 dalam mengenal konsep ukuran besar dan kecil menggunakan metode demonstrasi berbantuan media benda nyata di TK PGRI 03 Sukosari Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017 ?. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) mendeskripsikan penerapan media benda nyata anak kelompok B3 dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep ukuran besar dan kecil menggunakan x metode demonstrasi berbantuan media benda nyata di TK PGRI 03 Sukosari Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017; 2) meningkatkan kemampuan anak kelompok B3 dalam mengenal konsep ukuran besar dan kecil menggunakan metode demonstrasi berbantuan media benda nyata di TK PGRI 03 Sukosari Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif anak kelompok B TK PGRI 03. Hal ini ditunjukkan pada pelaksanaan siklus I diperoleh nilai rata-rata kemampuan motorik halus sebesar 62,7 dan siklus II sebesar 82.7. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan kegiatan mengenal konsel ukuran besar dan kecil menggunakan metode demonstrasi berbantuan media benda nyata dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B TK PGRI 03 Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso tahun pelajaran 2016/2017. Penerapan kegiatan mengenal konsep ukuran besar dan kecil dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kognitif dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I kegiatan membedakan ukuran gambar dari yang terkecil hingga yang terbesar dilaksanakan dengan sub tema alat makanan dan minuman dilakukan dengan menjelaskan kepada anak tentang macam-macam alat makanan dan minuman, sedangkan siklus II kegiatan mengurutkan gambar benda sesuai dengan kegunaannya dilaksanakan dengan sub tema kegunaan alat makanan dan minuman. Siklus II yang dilaksanakan hampir sama dengan siklus I, tetapi pada siklus II dalam menjelaskan materi diberikan reward untuk anak yang bisa menjawab pertanyaan dari guru Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini ialah hendaknya guru mencoba menerapkan kegiatan mengenal konsep ukuran besar dan kecil menggunakan metode demonstrasi berbantuan media benda nyata untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak, dan juga menggunakan media benda nyata dalam mengembangkan kemampuan yang lain pada anak. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79160 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Khoirul Imama Kusuma Wardani - 120210205004.pdf | 4.07 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools