Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/79144
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Supeno | - |
dc.contributor.author | Handono, S | - |
dc.contributor.author | Astutik, S | - |
dc.date.accessioned | 2017-01-24T04:22:26Z | - |
dc.date.available | 2017-01-24T04:22:26Z | - |
dc.date.issued | 2017-01-24 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79144 | - |
dc.description | Fakultas IKP Universitas jember Jl. Kalimantan 37 Jember | en_US |
dc.description.abstract | Keterlibatan siswa dalam bernalar melalui kegiatan berargumentasi ilmiah merupakan komponen penting dari literasi sains. Namun demikian hasil studi PISA menunjukkan bahwa literasi sains, termasuk keterampilan berargumentasi siswa Indonesia masih rendah. Model pembelajaran sangat diperlukan dalam menunjang terwujudnya literasi sains siswa, termasuk keterampilan berargumentasi. Beberapa model pembelajaran dapat diterapkan dalam pembelajaran, di antaranya adalah model inkuiri, BSCS 5E, dan Argument Driven Inquiry, namun model-model tersebut memiliki beberapa kelemahan terutama untuk melatihkan keterampilan bernalar dan berargumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran beserta perangkat pendukungnya dengan mengintegrasikan lima pengalaman belajar pokok (5M) melalui pendekatan saintific yang dapat melatihkan berbagai keterampilan, termasuk keterampilan bernalar dan berargumentasi sehingga dapat memfasilitasi siswa dalam mencapai kompetensi yang diharapkan. Target akhir dari penelitian ini adalah diperolehnya model pembelajaran dan perangkat pendukung model yang valid, praktis, dan efektif. Hasil validasi pakar menunjukkan bahwa model pembelajaran yang dikembangkan valid secara isi dan konstruk. Hasil validasi pakar menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran valid dan dapat digunakan untuk mendukung implementasi model. Hasil uji terbatas dan uji luas dalam pembelajaran fisika di SMK menunjukkan bahwa model terbukti praktis dan efektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model layak diterapkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran fisika dan keterampilan berargumentasi. | en_US |
dc.description.sponsorship | Hibah Bersaing 2016 | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.relation.ispartofseries | Hibah Bersaing;2016 | - |
dc.subject | model pembelajaran | en_US |
dc.subject | argumentasi ilmiah | en_US |
dc.subject | fisika | en_US |
dc.subject | siswa SMK | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENGAJARKAN KETERAMPILAN BERARGUMENTASI ILMIAH DAN MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA SMK | en_US |
dc.type | Other | en_US |
Appears in Collections: | LRR-Hibah Bersaing |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Abstrak dan Executive Summary.pdf | 89.88 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.