Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/79014
Title: | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKITAR TERHADAP HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR FISIKA SISWA (Studi pada Materi Fluida di SMK Negeri 2 Jember) |
Authors: | SUBIKI HARIJANTO, Alex RODLIYATIN, Siti |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR FISIKA |
Issue Date: | 20-Jan-2017 |
Series/Report no.: | 120210102033; |
Abstract: | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran berbasis proyek dengan memanfaatkan lingkungan sekitar terhadap hasil belajar fisika, dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran berbasis proyek dengan memanfaatkan lingkungan sekitar terhadap aktivitas belajar fisika siswa di SMK. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Jember. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode cluster random sampling setelah dilakukan uji homogenitas. Desain penelitian menggunakan post-test only control group. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sumber data berasal dari penilaian oleh peneliti, penilaian observer, dan post-test. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis independent sample t-test dengan program SPSS 22. Data hasil belajar kognitif diperoleh dari hasil post-test. Hasil analisis menggunakan independent sample t-test diperoleh nilai t hitung 2,434 dengan signifikansi (1-tailed) sebesar 0,009 dan diambil keputusan jika Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat dikatakan model pembelajaran berbasis proyek dengan memanfaatkan lingkungan sekitar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa di SMKN 2 Jember. Berdasarkan hasil analisis data aktivitas belajar siswa kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 81,72 (termasuk kategori sangat tinggi) dan kelas kontrol sebesar 76,58 (termasuk kategori tinggi). Hasil analisis data penilaian proyek siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 77,20. Berdasarkan hasil analisis di atas maka kesimpulan pada penelitian ini adalah: (1) Model pembelajaran berbasis proyek dengan memanfaatkan lingkungan sekitar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa di SMK Negeri 2 Jember; dan (2) Aktivitas belajar fisika siswa di SMK Negeri 2 Jember dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dengan memanfaatkan lingkungan sekitar dapat dikategorikan sangat tinggi. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79014 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Siti Rodliyatin - 120210102033 #.pdf | 611.97 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools