Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/79002
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorBambang Suyadi-
dc.contributor.advisorTitin Kartini-
dc.contributor.authorNovianto, Rendra Eka-
dc.date.accessioned2017-01-20T06:25:13Z-
dc.date.available2017-01-20T06:25:13Z-
dc.date.issued2017-01-20-
dc.identifier.nim120210301106-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79002-
dc.description.abstractModel pembelajaran Jigsaw (Tim Ahli) merupakan suatu model pembelajaran yang membentuk kelompok kecil yang heterogen dengan latar belakang cara berfikir yang berbeda untuk saling membantu terhadap siswa lain yang membutuhkan, sehingga siswa yang memiliki kemampuan lebih bertanggung jawab terhadap siswa yang memiliki kemampuan kurang. Dalam model pembelajaran Jigsaw siswa ditempatkan dalam kelompok kecil yang beranggotakan 4-5 siswa dan perwakilan kelompok untuk menjadi kelompok ahli, untuk menyelesaikan suatu masalah dalam pembelajaran. Adapun langkah-langkah dari model pembelajaran Jigsaw dalam penelitian ini yaitu 1) Siswa dibagi atas beberapa kelompok (tiap kelompok anggotanya 5-6 orang). 2) Materi pelajaran diberikan kepada siswa yang telah dibagibagi menjadi beberapa sub bab. 3) Setiap anggota kelompok membaca sub bab yang ditugaskan dan bertanggung jawab untuk mempelajarinya. 4) Anggota dari kelompok lain yang telah mempelajari subbab yang sama bertemu dalam kelompok ahli untuk mendiskusikannya.5) Setiap anggota kelompok ahli setelah kembali ke kelompoknya bertugas mengajar teman-temannya. 6) Pada pertemuan dan diskusi kelompok asal, siswa dikenai tagihan berupa kuis individu.. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi 2 semester genap SMK 17 Agustus 1945 Genteng tahun ajaran 2015/2016. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, metode tes dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Skor kreativitas belajar siswa yaitu Aspek siswa memiliki rasa ingin tahu meningkat dari siklus I yaitu 2,00 menjadi 2,59 pada siklus II. Siswa sering mengajukan pertanyaan yang membangun juga sama yaitu dari siklus I sebesar 2,14 menjadi 2,27 pada siklus II. Siswa memberikan banyak gagasan dan usul terhadap suatu masalah juga sama yaitu dari siklus I sebesar 1,91 menjadi 2,45 pada siklus II. Siswa mampu menunjukkan pendapat secara spontan dan tidak malu-malu juga sama yaitu dari siklus I sebesar 2,00 menjadi 2,32 pada siklus II. Siswa mampu mengembangkan atau merinci suatu gagasan juga sama yaitu dari siklus I sebesar 1,59 menjadi 2,18 pada siklus II. Terlihat bahwa total skor kreativitas belajar siswa terjadi peningkatan dari siklus I sebesar 9,64 meningkat ke siklus II sebesar 11,82, dari kategori kreatif menjadi sangat kreatif. Hal ini ditunjukkan dari keberhasilan belajar siswa pada siklus I yang mencapai hasil belajar dengan rata-rata sebesar 79,50 dan rata-rata hasil belajar pada siklus II mencapai 89,14. Model pembelajaran Jigsaw ini menjadikan siswa lebih kreatif dan partisipasi siswa dalam kelompok meningkat sehingga hasil belajarpun meningkat. Oleh karena itu model pembelajaran Jigsaw dapat digunakan sebagai alternatif dalam meningktakan kreativitas dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectModel Pembelajaran Jigsaw (Tim Ahli)en_US
dc.subjectKreativitas Belajar Siswaen_US
dc.subjectHasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI 2 (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kompetensi Dasar Membuat dan membukukan jurnal penyesuaian Semester Genap SMK 17 Agustus 1945 Genteng Tahun Ajaran 2015/2016)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Rendra Eka Novianto_1.pdf3.77 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools