Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/790
Title: PENGEMBANGAN INSTRUMEN PERFORMANCE ASSESSMENT PRAKTIKUM PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA
Authors: ALVYN AYU ANGGRY YULIANING
Keywords: Performance Assessment
Issue Date: 20-Aug-2013
Series/Report no.: 070210102011;
Abstract: Berdasarkan hasil observasi terhadap pembelajaran menggunakan metode eksperimen di kelas XI IPA dan wawancara dengan guru Fisika kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pesanggaran diketahui bahwa penilaian yang digunakan dalam menilai proses pembelajaran menggunakan metode eksperimen belum disertai dengan rubrik dan kriteria penskoran. Akibatnya penilaian cenderung bersifat subjektif. Oleh sebab itu, perlu dikembangkan instrumen performance assessment (penilaian kinerja) untuk praktikum yang disertai rubrik dan kriteria penskoran sehingga subjektivitas penilaian dapat dihindari. Tujuan penelitian untuk menghasilkan instrumen penilaian kinerja praktikum yang valid untuk praktikum pokok bahasan Elastisitas dan Gerak Harmonik Sederhana. Instrumen performance assessment (penilaian kinerja) untuk praktikum pokok bahasan Elstisitas dan Gerak Harmonik Sederhana dikembangkan menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D. Instrumen perolehan data yang digunakan adalah lembar validasi dan lembar penilaian kinerja praktikum. Lembar validasi digunakan untuk memperoleh data validasi dari beberapa pakar terhadap instrumen yang dikembangkan. Lembar penilaian kinerja praktikum digunakan untuk memperoleh data kinerja siswa selama melakukan praktikum. Data hasil validasi pakar diperoleh dari tiga validator, yaitu dua dosen Program Studi Pendidikan Fisika-Jurusan Pendidikan MIPA-FKIP Universitas Jember dan satu guru mata pelajaran Fisika kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pesanggaran. Berdasarkan analisis data terhadap validitas instrumen yang dikembangkan, diketahui bahwa instrumen performance assessment untuk praktikum Hukum Hooke, Getaran Pegas, dan Bandul Sederhana memiliki nilai validitas masing-masing 4.74. Apabila dirujuk pada interval penentuan tingkat kevalidan, nilai instrumen performance assessment praktikum Hukum Hooke, Getaran Pegas, dan Bandul Sederhana termasuk dalam kategori valid. Data penilaian kinerja praktikum diperoleh dari hasil uji coba lapangan yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pesanggaran, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan terhadap kinerja siswa dalam melaksanakan praktikum Hukum Hooke diketahui sebesar 22% kurang baik pada aspek identifikasi alat & bahan, 45% cukup baik, dan 33% baik. Pada aspek kinerja proses, sebesar 7% kurang baik, 31% cukup baik, dan 62% baik. Pada aspek kinerja produk, sebesar 32% cukup baik dan 68% baik. Pada praktikum Getaran Pegas, sebesar 8% kurang baik pada aspek identifikasi alat & bahan, 49% cukup baik, dan 43% baik. Pada aspek kinerja proses, 3% kurang baik, 14% cukup baik, dan 83% baik. Pada aspek kinerja produk, sebesar 18% kurang baik, 44% cukup baik, dan 38% baik. Pada praktikum Bandul Sederhana, sebesar 3% kurang baik pada aspek identifikasi alat & bahan, 43% cukup baik, dan 54% baik. Pada aspek kinerja proses, 6% kurang baik, 24% cukup baik, dan 70% baik. Pada aspek kinerja produk, sebesar 26% kurang baik, 50% cukup baik, dan 24% baik. Instrumen performance assessment (penilaian kinerja) praktikum Hukum Hooke, Getaran Pegas, dan Bandul Sederhana yang telah dikembangkan dinyatakan valid dan dapat memberikan penilaian yang terhindar dari subjektvitas dan lengkap mengenai ketrampilan kinerja siswa dalam melaksanakan praktikum Hukum Hooke, Getaran Pegas, dan Bandul Sederhana.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/790
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_Alvyn Ayu A. Yulianing_1_15.pdf996.53 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools