Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/78661
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHENDRAWIJAYA, H. A. T.-
dc.contributor.advisorINDRIANTI, Deditiani Tri-
dc.contributor.authorFARJIUN, Moh.-
dc.date.accessioned2017-01-16T03:50:39Z-
dc.date.available2017-01-16T03:50:39Z-
dc.date.issued2017-01-16-
dc.identifier.nimNIM120210201035-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78661-
dc.description.abstractTujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kegitan kepramukaan dengan pengembangan karakter anak di MI Miftahul Ulum Desa Solokuro Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan. Manfaat teoritis dalam penelitian ini adalah diharapkan dapat menambah ilmu pengetahuan tentang kepramukaan serta dapat mengembangkan ilmu pendidikan, khususnya bagi pendidikan luar sekolah. Adapun manfaat praktis adalah sebagai bahan pertimbangan untuk meningkatkan kualitas sumber daya dan kemampuan peserta didik khususnya kegitan kepramukaan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif dan responden yang berjumlah 22 anggota pramuka yang diambil dengan menggunakan teknik populasi. Tempat penelitian di MI Miftahul Ulum Jl. Pendidikan No.09 RT 001 RW001 Desa Solokuro Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan dengan menggunakan metode purposive area. Metode pengumpulan data menggunakan angket (kuisioner), dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi Tata Jenjang yang dihitung secara manual. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa tingkat hubungan antara kegiatan kepramukaan dengan pengembangan karakter anak di MI Miftahul Ulum desa Solokuro Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan sebesar 0,928 sebagai r hitung. Nilai ini lebih besar dari pada r tabel untuk N=22 dengan tingkat taraf kepercayaan 95% yaitu sebesar 0,428, sehingga hasil yang diperoleh signifikan, yaitu Ha diterima dan Ho ditolak. Secara rinci ditemukan bahwa hubungan antara berfikir kritis dengan kejujuran yaitu sebesar 0,720, hubungan antara berfikir kritis dengan kedisiplinan sebesar 0,786, hubungan antara berfikir kritis dengan tanggung jawab yaitu sebesar 0,778, hubungan antara berfikir kreatif dengan kejujuran yaitu sebesar 0,711, hubungan antara berfikir kreatif dengan kedisplinan yaitu sebesar 0,666, hubungan antara berfikir kreatif dengan tanggung jawab sebesar 0,675, hubungan kemandirian dengan kejujuran sebesar 0,807, hubungan antara kemandirian dengan kedisiplinan sebesar 0,833, dan hubungan antara kemandirian dengan tanggung jawab sebesar 0,678. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara kegiatan kepramukaan dengan pengembangan karakter anak di MI Mifathul Ulum Desa Solokuro Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan. Berdasarkan hasil penelitian, maka saran yang diberikan bagi anngota pramuka adalah harus lebih giat dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan pramuka baik di dalam kelas, maupun di halaman sekolah. Bagi Kepala Sekolah, diharapkan dapat untuk meningkatkan Kegitan Kepramukaan di MI Miftahul Ulum Solokuro agar lebih optimal dalam menjalankan tugasnya untuk memberi bimbingan dan bantuan terhadap kegiatan ekstrakurikuler khususnya pramuka, sehingga mendapatkan hasil yang maksimal dalam pencapaian tujuan. Bagi peneliti, diharapkan Penelitian ini dapat digunakan bagi peneliti selanjutnya yang akan meneliti permasalahan yang sama dari sudut pandang yang berbeda.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries120210201035;-
dc.subjectKEPRAMUKAANen_US
dc.subjectKARAKTER ANAKen_US
dc.titleHUBUNGAN ANTARA KEGIATAN KEPRAMUKAAN DENGAN PENGEMBANGAN KARAKTER ANAK DI MI MIFTAHUL ULUM DESA SOLOKURO KECAMATAN SOLOKURO KABUPATEN LAMONGANen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Moh. Farjiun - 120210201035 #.pdf3.33 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools