Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/78616
Title: Pengaruh Lama Pemakaian Zat Cair terhadap Letak Kecepatan Terminal Objek dalam Eksperimen Penentuan Viskositas Zat Cair
Authors: Budiyono
Keywords: oli
Lama Pemakaian
minyak goreng
kecepatan terminal
viskositas
Issue Date: 16-Jan-2017
Series/Report no.: Hibah Non Dosen;2016
Abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama pemakaian zat cair secara berulang-ulang terhadap perubahan letak kecepatanterminal zat cair pada eksperimen penentuan viskositas zat cair menggunakan metode bola jatuh. Perubahan letak kecepatan terminal ini diindikasikan menjadi penyebab rendahnya tingkat akurasi hasil pengukuran angka kekentalan (viskositas) dari zat cair. Penelitian dilakukan untuk memperoleh informasi ada tidaknya perubahan nilai viskositas berdasarkan perubahan letak kecepatan terminal objek gerak. Berdasarkan hasil analisis data yag dilakukan, ada dua kesimpulan yang diperoleh yaitu ada perubahan kecepatan terminal objek dan viskositas oli dan minyak goreng akibat lama pemakaian kedua zat cair. Letak kecepatan terminal bola kecil dan sedang pada minyak goreng berada pada interval ketinggian 45-55 cm, sedangkan bola besar terletak pada interval ketinggian 50-60 cm. Kecepatan terminal pada oli sama untuk semua jenis bola yaitu pada interval ketinggian 45-55cm. Hal ini menunjukkan bahwa semakin lama waktu pemakain fluida maka letak pengamatan kecepatan terminal akan bergeser ke bawah. Akibatnya hasil pengukuran nilai viskositas oli dan minyak goreng mengalami kenaikan dengan semakin lamanya waktu pemakaian.
Description: FMIPA Universitas Jember Jl. Kalimantan 37 Jember
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78616
Appears in Collections:LRR-Hibah Peneitian Lain-lain

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
BUDIYONO_FMIPA_TFND_LapAkhir.pdf794.33 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.