Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/78530
Title: PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ORISINAL (ORIENTASI-INSTRUKSIONAL) BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK
Authors: Sugiono
Keywords: Pengembangan
Model
Pembelajaran
Orisinal
Issue Date: 13-Jan-2017
Abstract: Dari hasil observasi didapatkan bahwa pada umumnya siswa tidak siap saat mengikuti pelajaran di kelas sehingga cenderung tidak memiliki pengetahuan awal yang cukup terkait suatu konsep materi IPA khusunya fisika yang akan dibahas. Oleh karena itu siswa perlu disorientasi terlebih dahulu sebelum masuk kelas. Demikian juga pada tahap pembelajaran, fakta menunjukkan bahwa penguasaan konsep fisika masih rendah. Siswa lebih cenderung menghafal rumus dan lebih suka cara-cara cepat dalam menyelesaikan persoalan. Akibatnya proses ilmiah sesuai pendekatan saintifik kurang berjalan dengan baik. Keadaan ini memerlukan instruksional yang mengacu pada pendekatan saintifik. Mengacu pada keadaan tersebut, . penulis mengembangkan model pembelajaran, yakni Pengembangan Model Pembelajaran Orisinal (Orientasi-Instruksional) Berbasis Pendekatan Saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengkaji validitas logis model pembelajaran orisinal (Orientasi-Instruksional) berbasis saintifik, (2) Mengkaji validitas pengguna model pembelajaran orisinal (Orientasi-Instruksional) berbasis saintifik, (3) Mengkaji validitas audiens pembelajaran orisinal (Orientasi-Instruksional) berbasis pendekatan saintifik.
Description: PASCASARJANA PENDIDIKAN IPA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78530
Appears in Collections:MT-Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Sugiono - 140220104016_.pdf1.31 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.