Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/78335
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorYuliati, Nanik-
dc.contributor.advisorLathief, Misno A.-
dc.contributor.authorFaradila, Yuli-
dc.date.accessioned2016-12-07T02:39:15Z-
dc.date.available2016-12-07T02:39:15Z-
dc.date.issued2016-12-07-
dc.identifier.nim120210205062-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78335-
dc.description.abstractBerbicara adalah kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi dari katakata untuk mengekspresikan, menyatakan, menyampaikan pikiran, gagasan dan perasaan kepada orang lain menggunakan bahasa lisan sehingga orang lain yang mendengarkan dapat memahami apa yang disampaikan. Berdasarkan hasil observasi di TK PGRI Bhakti Lestari Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember, kemampuan berbicara anak kelompok B tergolong masih rendah, dari 20 anak tercatat 18 anak yang kemampuan berbicaranya masih kurang. Hal tersebut terlihat ketika guru mengaukan pertanyaan anak masih kesulitan untuk menjawab pertanyaan guru dan ketika guru meminta anak untuk menceritakan pengalamannya didepan kelas anak-anak masih bingung dengan kata-kata yang akan di ucapkan, sehingga anak menjadi kurang percaya diri bila berbicara di depan temantemannya. Metode bercerita menggunakan media gambar seri merupakan metode yang disampaikan secara lisan untuk menyampaikan suatu pesan, informasi, atau sebuah dongeng belaka dalam bentuk cerita yang menarik menggunakan rangkaian gambar yang menghubungkan suatu peristiwa. Berdasarkan uraian di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) bagaimanakah penerapan metode bercerita menggunakan media gambar seri dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok B di TK PGRI Bhakti Lestari Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 ? 2) bagaimanakah peningkatan kemampuan berbicara anak kelompok B melalui metode bercerita menggunakan media gambar seri di TK PGRI Bhakti Lestari Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) mendeskripsikan penerapan metode bercerita menggunakan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok Kelompok B di TK PGRI Bhakti Lestari Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016; 2) meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok B melalui metode bercerita menggunakan media gambar seri di TK PGRI Bhakti Lestari Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilakukan di TK PGRI Bhakti Lestari Kabupaten Jember. Subjek Penelitian adalah kelompok B yang terdiri atas 20 anak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Penerapan metode bercerita menggunakan media gambar seri dilakukan di dalam kelas kelompok B. Terdapat 2 siklus, yakni siklus I menggunakan metode bercerita menggunakan media gambar seri dengan tema gejala alam banjir dan siklus II dengan tema gejala alam hujan. Tahapan pertama pembukaan dengan bercakapcakap, guru bercerita menggunakan media gambar seri, menyimpulkan isi cerita,melakukan tanya jawab, dan anak meceritakan kembali isi cerita dengan pengucapan kata,isi cerita sesuai dengan peristiwa atau keadaan pada media gambar seri. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbicara anak kelompok B TK PGRI Bhakti Lestari. Hal ini ditunjukkan pada pelaksanaan siklus I diperoleh nilai rata-rata kemampuan berbicara anak sebesar 62,08 dan siklus II sebesar 81,6. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bercerita menggunakan media gambarsri dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B TK PGRI Bhakti Lestari Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPeningkatan Kemampuan Berbicara Anaken_US
dc.subjectMetode Bercerita menggunakan Media Gambar Serien_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B MELALUI METODE BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI DI TK PGRI BHAKTI LESTARI KECAMATAN PAKUSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Yuli Faradila -120210205062_.pdf1.35 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools