Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/78324
Title: ANALISIS OPTIMASI KINERJA QUALITY OF SERVICE PADA LAYANAN KOMUNIKASI DATA MENGGUNAKAN NS-2 DI PT. PLN (PERSERO) JEMBER
Authors: Supeno, Bambang
Utomo, Satryo Budi
Pranata, Yohanes Andri
Keywords: Bandwidth
Jitter
Delay
Packet Loss
Quality of Service (QoS)
TIPHON
Throughput
Issue Date: 6-Dec-2016
Abstract: Quality of Service merupakan metode pengukuran tentang seberapa baik jaringan yang terpasang dan juga merupakan suatu usaha untuk mendefinisikan karakteristik dan sifat dari satu layanan. Dengan dibuatnya sistem pembayaran online yang terdapat di PT. PLN (Persero) Jember, layanan internet yang digunakan hendaknya harus memenuhi standar TIPHON (Telecommunications and Internet Protocol Harmonization Over Networks). Maka diperlukan optimasi kinerja QoS sebagai salah satu cara untuk mengetahui seberapa besar kualitas layanan data yang harus dipenuhi. Parameter QoS yang digunakan untuk analisis layanan komunikasi data adalah jitter, packet loss, throughtput, dan delay. Dari hasil analisis data menunjukan bahwa pada jam sibuk (09.00-11.00 WIB) dan non sibuk (11.00-13.00 WIB) mendapatkan hasil rata – rata indeks QoS sebesar 2,125 dalam kategori “kurang memuaskan”. Dengan kapasitas bandwidth yang disediakan sebesar 3 Mbps. Kemudian dari hasil perhitungan optimasi bandwidth yang diperlukan sebesar 7,154 Mbps dan disimulasikan mendapatkan rata –rata indeks QoS yang sebesar 3,5 dalam kategori “sangat memuaskan”.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78324
Appears in Collections:UT-Faculty of Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Yohanes Andri Pranata121910201066_.pdf1.07 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools