Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/78320
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSuyadi, Bambang-
dc.contributor.advisorAni, Hety Mustika-
dc.contributor.authorEPRILIA, YAYUK-
dc.date.accessioned2016-12-06T07:38:14Z-
dc.date.available2016-12-06T07:38:14Z-
dc.date.issued2016-12-06-
dc.identifier.nim110210301022-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78320-
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas X IPS 2 di SMA Negeri 1 Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi dengan menerapkan Model Problem Based Learning. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, metode wawancara dan metode dokumen. Berdasarkan penelitian dan analisis data yang dilakukan dapat diketahui bahwa penelitian tindakan kelas tentang penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas X IPS 2 di SMA Negeri 1 Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi (Studi kasus mata pelajaran ekonomi kompetensi dasar mendeskripsikan pasar dan terbentuknya harga pasar dalam perekonomian tahun ajaran 2015/2016). Skor kemampuan berpikir kritis siswa sebelum menerapkan model Problem Based Learning sebesar 1,903, sedangkan skor kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I sebesar 2,45835, dan skor pada siklus II sebesar 3,118 yang masuk dalam kategori tinggi. Penerapan model Problem Based Learning dalam pembelajaran ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa sebelum menggunakan model Problem Based Learningmemiliki ketuntasan klasikal belajar sebesar 51,43% dengan nilai rata-rata 71,49, pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 77,14% dengan nilai rata-rata sebesar 78,14, dan pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 88,57% dengan nilai rata-rata sebesar 82,57. Hasil belajar siswa kelas X IPS 2 di SMA Negeri 1 Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi mengalami peningkatan setelah penerapan model Problem Based Learning. Hasil belajar siswa terus meningkat seiring dengan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil dan pembahasan, maka saran yang dapat peneliti berikan yaitu bagi guru, hendaknya terus meningkatkan dan memvariasi model pembelajaran yang diterapkan di kelas. Bagi sekolah, lebih meningkatkan fasilitas sekolah terutama media elektronik guna menunjang proses pembelajaran di sekolah serta lebih meningkatkan perhatian terhadap aktivitas siswa dalam belajar karena dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Dan bagi siswa, untuk terus meningkatkan belajar agar kemampuan berpikir kritis mengalami peningkatan yang dapat berdampak pada hasil belajar siswa tersebut.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectProblem Based Learningen_US
dc.subjectPeningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS 2 DI SMA NEGERI 1 PURWOHARJO KABUPATEN BANYUWANGIen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
YAYUK EPRILIA - 110210301022_.pdf1.56 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools