Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/78245
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Na’im, Mohammad | - |
dc.contributor.advisor | Umamah, Nurul | - |
dc.contributor.author | Bagustiadi, Wahyu | - |
dc.date.accessioned | 2016-11-28T03:57:10Z | - |
dc.date.available | 2016-11-28T03:57:10Z | - |
dc.date.issued | 2016-11-28 | - |
dc.identifier.nim | 120210302014 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78245 | - |
dc.description.abstract | Penggunaan metode yang belum efektif diterapkan pada pembelajaran sejarah serta pendidik kurang memanfaatkan media dalam proses pembelajaran membuat peserta didik terlalu berimanjinasi sehingga penyampaian pesan kepada peserta didik tidak efektif. Penerapan metode yang belum tepat serta pendidik kurang memanfaatkan dalam pembelajaran sejarah membuat peserta didik kesulitan untuk memahami materi yang diajarkan karena tidak dapat menggambarkan objek yang dipelajari secara utuh. Permasalahan inilah yang membuat peserta didik kurang memiliki antusiasme dalam mengkuti pembelajaran sejarah. Metode kooperatif tipe STAD memiliki konsep tanggung jawab individu, kesempatan yang sama untu berhasil dan penghargaan kelompok. Ketiga konsep tersebut merupakan konsep penting untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar karena metode kooperatif tipe STAD memberikan apresiasi terhadap hasil kerja peserta didik. Kombinasi media video dengan metode kooperatif tipe STAD membuat proses pembelajaran semakin efektif karena cocok dengan karakteristik mata pelajaran sejarah yang mampu membuat peserta didik mempelajari sebab-akibat peristiwa sejarah melalui diskusi, memahami sebuah peristiwa dengan penggambaran yang konkret melalui media video dan mengoptimalkan penyerapan informasi yang diterima untuk diingat dalam waktu yang lama. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah penerapan metode kooperatif tipe STAD disertai media video dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelaajaran sejarah kelas XI IPS 1 SMANegeri 1 Pakusari tahun ajaran 2015/2016? (2) apakah penerapan metode kooperatif tipe STAD disertai media video dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran kelas XI IPS 1 SMANegeri 1 Pakusari tahun ajaran 2015/2016? Tujuan penelitian ini: (1) untuk menganalisis peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas XI IPS 1 Pakusari dengan menerapkan metode kooperatif tipe STAD dan media video; (2) untuk menganalisis peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS 1 Pakusari dengan menerapkan metode kooperatif tipe STAD dan media video. Manfaat penelitian ini bagi sekolah, dapat memberikan kontribusi positif pada sekolah dalam rangka perbaikan kualitas proses dan hasil pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Pakusari, dengan jumlah 31 peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan model skema penelitian model Kemmis dan Mac Taggart Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini siklus I motivasi belajar peserta didik meningkat 6,41% dari pra siklus memperoleh persentase sebesar 69,06% dengan kriteria sedang. Hasil data siklus II motivasi belajar peserta didik meningkat 5,8% memperoleh persentase sebesar 74,86% dengan kriteria tinggi. Siklus III motivasi belajar peserta didik meningkat 5,34% memperoleh persentase sebesar 81,13% dengan kriteria sangat tinggi. Hasil belajar siklus I peserta didik meningkat 2,3% dari pra siklus pada aspek kognitif memperoleh ketuntasan sebesar 68,96%. Siklus II hasil belajar peserta didik meningkat 3,79% pada aspek kognitif memperoleh ketuntasan belajar sebesar 79,31%. Siklus III hasil belajar peserta didik meningkat 3,62% pada aspek kognitif memperoleh ketuntasan sebesar 82,75% Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) penerapan metode kooperatif tipe STAD disertai media video dapat meningkatkan motivasi belajar sejarah peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Pakusari tahun ajaran 2015/2016; (2) penerapan metode kooperatif tipe STAD disertai media video dapat meningkatkan hasil belajar sejarah peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Pakusari tahun ajaran 2015/2016. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | Metode Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) | en_US |
dc.subject | Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa | en_US |
dc.title | PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) DISERTAI MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS 1 SMANEGERI 1 PAKUSARI JEMBER TAHUN AJARAN 2015/2016 | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Wahyu Bagustiadi - 120210302014_.pdf | 4.86 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools