Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/78242
Title: PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DOTISC (DIRECTION, ORGANIZATION, TUTORING, IMPLEMATION, SOLUTION, AND CONFIRMATION) UNTUK PEMBELAJARAN IPA DI SMP
Authors: Dr. Sudarti, M.Kes
Mahardika, Prof. Dr. I Ketut M.Si
NANDA PRAFITASARI, AULYA
Keywords: Pengembangan Model Pembelajaran DOTISC (Direction, Organization, Tutoring, Implementation, Solution, and Confirmation)
Issue Date: 28-Nov-2016
Abstract: Pembelajaran adalah suatu rangkaian kegiatan belajar yang harus disusun dan direncanakan oleh guru agar dapat berjalan dengan baik, efektif, dan mencapai tujuannya. Bukan sekedar melakukan pengajaran dengan guru hanya berperan menyampaikan materi dan melakukan tranfer informasi ke siswa namun mampu mengfasilitasi kerja sama antar siswa untuk mengoptimalkan kemampuanya dalam mengkonstruk pengetahuannya secara aktif sehingga kesenjangan hasil belajar di kelas dapat ditekan atau dapat meminimalkan heterogenitas kemampuan siswa. Inovasi dalam pembelajaran dianggap sangat penting agar diupayakan dapat mewujudkan pembelajaran yang diharapkan. Guru dapat mengoptimalkan kemampuan siswa agar dapat membantu rekannya berbentuk tutoring dalam kelompok, dan diperlukan Leader kelompok sejak awal dalam pelaksanaannya yang mengarahkan dan mengingatkan setiap anggota agar dapat lebih bertanggung jawa terhadap tugasnya dan bersama-sama fokus mencapai pemahaman yang benar terhadap suatu materi. Oleh karena itu dikembangkan model pembelajaran yang mengfasilitasi hal tersebut, yakni Pengembangan Model Pembelajaran DOTISC (Direction, Organization, Tutoring, Implementation, Solution, and Confirmation) yang dilakukan pada pembelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan validitas, dan efektivitas model pembelajaran DOTISC.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78242
Appears in Collections:MT-Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Aulya Nanda P. 140220104018 (Tesis).pdf6.53 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.