Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/78205
Title: PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA
Authors: Lesmono, Albertus Djoko
Subiki
Oktadifani, Utari
Keywords: Project Based Learning
Keterampilan Proses Sains
Hasil Belajar Siswa
Issue Date: 23-Nov-2016
Abstract: Jenis penelitian ini adalah penelitian true experimental design dengan menggunakan desain post-test only control-group design. Tempat penelitian ditentukan melalui metode purposive sampling area, yaitu di SMA Negeri 1 Probolinggo. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X. Penentuan sampel penelitian menggunakan cluster random sampling untuk menentukan sampel siswa yang akan dipilih. Penentuan sampel siswa yang akan dipilih dilakukan setelah uji homogenitas terhadap populasi dari kelas X. Data kemampuan afektif dan psikomotor siswa diperoleh melalui observasi, sedangkan kemampuan kognitif siswa berdasarkan hasil post-test. Wawancara dan dokumentasi diperlukan sebagai data pendukung. Teknik analisis untuk menguji hipotesis penelitian pada kemampuan kognitif siswa menggunakan uji Independent sample t-test berbantuan SPSS 22. Dari hasil analisis diperoleh persentase rata-rata keterampilan proses sains siswa tiap indikator dari KBM I dan II sebesar 85.09%, apabila persentase rata-rata keterampilan proses sains siswa tersebut disesuaikan dengan kriteria keterampilan proses sains, maka keterampilan proses sains siswa termasuk pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa model project based learning bepengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa. Data hasil belajar dianalisa menggunakan uji t dan diperoleh ttes > ttabel (3.558 > 2.0017) dan nilai sig (1-tailed) ≤ 0.05 yaitu 0.001 ≤ 0.05, sehingga didapati kesimpulan bahwa hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran fisika di SMA Negeri 1 Probolinggo setelah pembelajaran menggunakan model Project Based Learning lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model yang biasa digunakan di SMA. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Keterampilan proses sains siswa kelas X MIA E SMA Negeri 1 Probolinggo tahun ajaran 2015/2016 selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model project based learning termasuk dalam kategori baik dan (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika setelah pembelajaran menggunakan model Project Based Learning lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model yang biasa di gunakan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Probolinggo tahun ajaran 2015/2016.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78205
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Utari Oktadifani - 100210102087_.pdf2.64 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools