Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/78115
Title: PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B MELALUI PERMAINAN PETAK UMPET DI TK DHARMA INDRIA I KECAMATAN PATRANG KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2015/2016
Authors: Al Latief, Misno
Khutobah
Yamani, Ana Istiana
Keywords: KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B
PERMAINAN PETAK UMPET
TK DHARMA INDRIA I
Issue Date: 18-Nov-2016
Abstract: Keterampilan motorik kasar anak adalah keterampilan menggerakkan otototot besar yang ada pada tubuh, motorik kasar merupakan keterampilan yang harus di kembangkan karena motorik kasar membantu daya tahan tubuh anak dari hal-hal yang berhubungan dengan fisik, Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada kelompok B di TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016, dapat diketahui bahwa keterampilan motorik anak masih rendah. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan pada tanggal 07 November 2015, terdapat adanya sejumlah anak yang perkembangan motorik kasarnya kurang berkembang, berjumlah 30 anak pada kelompok B, terdapat lebih 30% yang motorik kasarnya belum berkembang. Hal ini disebabkan dari sebagian anak tersebut belum terbiasa melakukan permainan yang melatih otot, dalam kegiatan berlari atau melompat, anak belum bisa melakukannya dengan baik, adapula sebelum melakukan kegiatan dengan gerakan yang berat anak menangis atau mengeluh karna takut terjatuh. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : Bagaimanakah Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Anak Kelompok B Dalam Bermain Petak Umpet di TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?”. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian yaitu : Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Kelompok B Dalam Bermain Petak Umpet di TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian dilakukan di TK Dharma Indria I Keamatan Patrang kabupaten jember. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember yang berjumlah 30 anak, yang terdiri dari 15 anak laki-lai dan 15 anak perempuan. Jenis penelitian yang dilakuakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes unjuk kerja. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan permainan petak umpet meningkatkan keterampilan motorik kasar anak kelompok B TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016. Nilai rata-rata kelas pada pra siklus 46,8, siklus I 69,4, dan siklus II meningkat menjadi 86,3. Kesimpulan dari peneltian ini adalah penerapan permainan petak umpet dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak kelompok B TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016. Saran bagi guru yaitu : 1) Guru, Hendaknya menerapkan permainan petak umpet agar keterampilan motorik kasar anak kelompok B meningkat secara berkelanjutan. 2) hendaknya sangat diperhatikan juga merapkan permainan petak umpet juga dapat mengembangkan keterampilan lainya 3) guru hendaknya lebih kreatif dalam pembelajaran agar anak tidak pasif di dalam kelas.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78115
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ana Istiana Yamani - 120210205037_.pdf2.9 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools