Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/78114
Title: PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP
Authors: Prihandono, Trapsilo
Harijanto, Alex
Utarida, Ambar
Keywords: MODEL QUANTUM TEACHING
VIDEO ANIMASI
HASIL BELAJAR SISWA
Issue Date: 18-Nov-2016
Abstract: Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) memiliki peranan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan serta memfokuskan pada peningkatan pengetahuan siswa tentang diri sendiri dan alam sekitarnya. Hasil survei Trends in International Mathematics and Science Survey (TIMSS) yang meneliti kemampuan anak-anak kelas VIII dalam bidang Matematika dan Sains menunjukkan bahwa rata-rata skor prestasi sains (IPA) Indonesia berada di bawah rata-rata internasional. Di sisi lain, dalam International Physic Olimpiads (IPhO) prestasi Indonesia dalam olimpiade fisika dari tahun ke tahun meningkat. Hal ini membuktikan bahwa anak-anak Indonesia memiliki kecerdasan yang setara dan mampu bersaing dengan anak-anak dari negara lain, termasuk dari negara-negara maju jika mendapat kesempatan belajar dengan metode yang baik salah satunya dengan metode yang menyenangkanm. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji pengaruh model Quantum Teaching berbantuan video animasi terhadap hasil belajar dalam pembelajaran IPA di SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Tapen. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan Design Randomized Post Test Only Control Group. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi . Analisa data dalam penelitian ini menggunakan uji Independent Sample T Test. Analisis data dari hasil belajar siswa diperoleh siginifikansi sebesar 0.012 atau < 0,05. Berdasarkan pedoman pengambilan keputusan maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara kelas yang menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan video animasi dan kelas yang tidak menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan video animasi. Perbedaan hasil belajar tersebut ada pada semua ranah, baik pada hasil belajar kognitif, psikomotor, maupun afektif. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan video animasi terhadap hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran IPA di SMP.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78114
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ambar Utarida -110210102068_.pdf2.09 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools