Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/78109
Title: | MODEL PEMBELAJARAN GI-GI (GROUP INVESTIGATIONGUIDED INQUIRY) DALAM PEMBELAJARAN FLUIDA DINAMIS DI SMA (Studi pada Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa) |
Authors: | Indrawati Handayani, Rif’ati Dina Nur, Ahmad Tajuddin |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN GI-GI GROUP INVESTIGATIONGUIDED INQUIRY PEMBELAJARAN FLUIDA DINAMIS |
Issue Date: | 18-Nov-2016 |
Abstract: | Salah satu usaha yang bisa dilakukan untuk memperbaiki keterampilan proses sains dan hasil belajar fisika siswa di SMA adalah diterapkannya pembelajaran model pembelajaran GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry). Model pembelajaran GIGI (Group Investigation-Guided Inquiry) adalah model pembelajaran yang langkahlangkahnya terdiri atas membangun konsep (Constructing of Concept), mengajukan/meminta bimbingan pada guru (Guiding), merumuskan dan menguji hipotesis (Formulating of hypothesis), dan mengkomunikasikan dan menilai hasil (Comunicating and assessing). Dengan model pembelajaran GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry), siswa dapat menemukan pengetahuan atau informasi baru sendiri dan dapat mengembangkan keterampilan sosial dan keterampilan proses, serta karakternya melalui investigasi di lingkungannya bersama-sama dengan kelompoknya dan diperkuat dengan bimbingan dari guru. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa selama pembelajaran menggunakan model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) dalam pembelajaran fluida dinamis di SMA Negeri Pakusari kelas XI semester genap tahun ajaran 2015/2016; (2) untuk mengkaji pengaruh model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran fluida dinamis di SMA Negeri Pakusari kelas XI semester genap tahun ajaran 2015/2016. Penentuan populasi dan tempat penelitian adalah dengan purposive sampling area. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri Pakusari. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling dan teknik undian. Desain penelitian menggunakan post-test only control group design. Metode observasi dan dokumentasi digunakan untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa. Analisis data post-test menggunakan independent sample t-test untuk mengkaji pengaruh model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran fluida dinamis antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen yang terdiri dari merumuskan hipotesis, mengenali variabel, melakukan eksperimen, mengumpulkan dan mengolah data, menyimpulkan, dan mengkomunikasikan yang didapat dari kegiatan observasi dan dokumentasi selama proses pembelajaran dengan menggunakan model GI-GI berlangsung sebesar 90,6 %, angka ini termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil analisis independent sample t-test terhadap hasil post-test siswa menunjukkan bahwa rata-rata skor post-test siswa kelas eksperimen berbeda secara signifikan dengan rata-rata skor post-test siswa kelas kontrol sehingga dapat disimpulkan bahwa model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa dalam pembelajaran fluida dinamis. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Keterampilan proses sains siswa selama mengikuti pembelajaran fluida dinamis menggunakan model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) pada siswa kelas XI IPA SMAN 1 Pakusari tahun ajaran 2015/2016 termasuk dalam kriteria sangat baik; dan (2) Model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA SMAN 1 Pakusari tahun ajaran 2015/2016 dalam pembelajaran fluida dinamis. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78109 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Ahmad Tajuddin Nur - 120210102024_.pdf | 566.95 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools