Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/78088
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Mahardika, I Ketut | - |
dc.contributor.advisor | Gani, Agus Abdul | - |
dc.contributor.author | ASNAWI, Gufron Ridho | - |
dc.date.accessioned | 2016-11-18T07:06:07Z | - |
dc.date.available | 2016-11-18T07:06:07Z | - |
dc.date.issued | 2016-11-18 | - |
dc.identifier.nim | NIM110210102045 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78088 | - |
dc.description.abstract | Fisika merupakan mata pelajaran yang tidak hanya berisi teori dan rumus untuk dihafal, tetapi fisika memerlukan pengertian dan pemahaman konsep yang dititik beratkan pada proses terbentuknya pengetahuan melalui suatu penemuan, penyajian data secara matematis dan berdasarkan aturan-aturan tertentu. Pembelajaran Fisika hendaknya dilakukan dengan menggunakan pendekatan ilmiah yang dapat melibatkan siswa dalam penyelidikan, sehingga menimbulkan interaksi antara siswa dengan guru dan siswa lainnya. Kenyataan yang terjadi di sekolah, penerapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan ilmiah belum terlaksana secara optimal. Pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga menyebabkan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan guru hanya sebagai fasilitator. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengkaji pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing disertai LKS berbasis Open-ended Question terhadap kompetensi sikap pada pembelajaran Fisika SMA. (2) mengkaji pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing disertai LKS berbasis Open-ended Question terhadap kompetensi pengetahuan pada pembelajaran Fisika SMA. (3) mengkaji pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing disertai LKS berbasis Open-ended Question terhadap kompetensi keterampulan siswa pada pembelajaran Fisika SMA Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan Posttest only control design. Dalam penelitian ini terdiri atas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Sampel penelitian ditentukan dengan cara cluster random sampling. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN Arjasa Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN Arjasa Jember pada tanggal 1 – 23 Februari 2016. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data untuk hasil belajar meliputi kompetensi sikap dan kompetensi pengetahuan menggunakan uji Independent samplet-test dengan bantuan SPSS 23 dan Aktivitas belajar siswa menggunakan uji Independent samplet-test dengan bantuan SPSS 23. Hasil analisis menggunakan Independent sample t-test dengan Sig.(1-tailed) untuk kompetensi sikap sebesar 0,000. Nilai sig < 0,05 maka kompetensi sikap kelas ekperimen lebih besar dari kelas kontrol. Hasil analisis menggunakan Independent sample t-test pada kompetensi pengetahuan dengan sig (1-tailed) sebesar 0,002. Nilai sig < 0,05 maka kompetensi pengetahuan kelas ekperimen lebih besar dari kelas kontrol. Hasil analisis kompetensi keterampilan menggunakan Independent sample ttest dengan Sig.(1-tailed) sebesar 0,000. Dari hasil analisis didapatkan nilai sig. lebih kecil dari α = 0,05, maka kompetensi keterampilan pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah:, (1) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing disertai LKS berbasis Open-ended Question terhadap kompetensi sikap pada pembelajaran Fisika SMA. (2) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing disertai LKS berbasis Open-ended Question terhadap kompetensi pengetahuan pada pembelajaran Fisika SMA. (3) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing disertai LKS berbasis Open-ended Question terhadap kompetensi keterampilan pada pembelajaran Fisika SMA | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 110210102045; | - |
dc.subject | Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing | en_US |
dc.subject | LKS berbasis Open-ended Question | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Fisika | en_US |
dc.title | MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DISERTAI LKS BERBASIS OPEN-ENDED QUESTION DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMA DI JEMBER | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
GUFRON RIDHO ASNAWI - 110210102045_.pdf | 645.76 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools