Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/78057
Title: HUBUNGAN TINGKAT KEPUASAN DENGAN LOYALITAS PETANI KOPI ARABIKA ANGGOTA KOPERASI REJO TANI KECAMATAN SUMBER WRINGIN KABUPATEN BONDOWOSO
Authors: SUDARKO
AGUSTINA, Titin
PRASETIA, Febrian Dwi
Keywords: Loyalitas Petani Kopi
Tingkat Kepuasan
Issue Date: 18-Nov-2016
Series/Report no.: 198002032005011001;
Abstract: Koperasi Rejo Tani merupakan satu-satunya koperasi yang ada di Kecamatan Sumber Wringin, awal mulanya koperasi ini menangani semua usaha tani yang di jalankan oleh petani. Namun saat ini Koperasi Rejo Tani hanya menangani petani kopi Arabika. Petani kopi Arabika di Kecamatan Sumber Wringin melakukan kerja sama dengan pihak eksportir dan membutuhkan kopi dalam jumlah yang banyak sehingga petani kopi Arabika melakukan kerja sama pula dengan pihak koperasi dalam hal permodalan untuk membiayai usaha taninya. Kerja sama yang dilakukan oleh petani kopi Arabika di Kecamatan Sumber Wringin dengan Koperasi Rejo Tani diharapkan dapat mendatangkan keuntungan pada kedua belah pihak. Indikator lain dari efektivitas kemitraan atau kerja sama yang dilakukan antara petani kopi Arabika dengan Koperasi Rejo Tani adalah perasaan puas yang dimiliki oleh petani terhadap kerja sama dengan koperasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana tingkat kepuasan petani kopi Arabika anggota koperasi Rejo Tani. (2) bagaimana loyalitas petani kopi Arabika anggota koperasi Rejo Tani. (3) bagaimana hubungan tingkat kepuasan petani kopi Arabika anggota koperasi Rejo Tani dengan loyalitas petani kopi Arabika anggota koperasi Rejo Tani. Penentuan daerah penelitian dilakukan secara sengaja (Purposive Method) yaitu di koperasi Rejo Tani Kecamatan Sumber Wringin Kabupaten Bondowoso. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, analitik dan korelasional. Metode pengambilan contoh menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara dengan bantuan kuisioner, observasi, studi dokumentasi dan studi pustaka. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain data primer dan data sekunder. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu (1) analisis Customer Satisfaction Index (CSI), (2) analisis scoring dengan Rating Scale, dan (3) analisis korelasi Pearson Product Moment. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) hasil analisis CSI diketahui bahwa nilai tingkat kepuasan petani kopi Arabika anggota koperasi Rejo Tani terhadap koperasi Rejo Tani sebesar 75,10% termasuk dalam kategori kepuasan tinggi/puas. (2) berdasarkan hasil analisis menggunakan scoring diketahui bahwa loyalitas petani kopi Arabika anggota koperasi Rejo Tani terhadap koperasi Rejo Tani dari skor rata-rata ketiga indikator loyalitas sebesar 126,6 termasuk kategori loyal. (3) hasil analisis korelasi Pearson Product Moment antara variabel kepusan petani kopi Arabika anggota koperasi Rejo Tani dengan loyalitas petani kopi Arabika anggota koperasi Rejo Tani tidak signifikan dengan nilai korelasi pearson sebesar 0,098 dan nilai signifikansinya sebesar 0,599 yang berarti tidak signifikan akan tetapi berdasarkan nilai korelasi pearsonnya positif yaitu memiliki hubungan yang searah.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78057
Appears in Collections:UT-Faculty of Agriculture

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Febrian Dwi Prasetia091510601082_.pdf2.03 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools