Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/78055
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | INDRAWATI | - |
dc.contributor.advisor | GANI, Agus Abdul | - |
dc.contributor.author | MAHARANI, Febri Galuh | - |
dc.date.accessioned | 2016-11-18T01:11:49Z | - |
dc.date.available | 2016-11-18T01:11:49Z | - |
dc.date.issued | 2016-11-18 | - |
dc.identifier.nim | NIM120210102040 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78055 | - |
dc.description.abstract | Berdasarkan wawancara yang dilakukan pada 16 September 2015 dengan salah satu guru mata pelajaran fisika SMA Negeri 4 Jember kendala yang dihadapi siswa dalam pembelajaran fisika antara lain: (1) siswa menganggap fisika sebagai mata pelajaran yang sulit karena berisi rumus-rumus sehingga sukar dipahami, akibatnya sebagian siswa belum memenuhi nilai standar KKM salah satunya pada materi teori kinetik gas. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu sebesar 78; (2) belum terjadi suasana aktif dalam diskusi; (3) kurangnya keterlibatan siswa secara langsung. Beberapa siswa menjawab pertanyaan dengan ragu-ragu, keberanian siswa untuk mengajukan pendapat dan bertanya juga kurang. Salah satu alternatif solusi yang diharapkan mampu mempengaruhi hasil belajar siswa adalah model GI-GI. Oleh karena itu, dilakukan penelitian mengenai model GI-GI (Group Investigation - Guided Inquiry). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan afektif dan kemampuan psikomotor siswa selama pembelajaran menggunakan model GI-GI (Group Investigation - Guided Inquiry) dan mengkaji perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif fisika siswa yang menggunakan model GI-GI (Group Investigation - Guided Inquiry) dengan model pembelajaran direct instruction pada materi teori kinetik gas di SMA Negeri 4 Jember, Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri 4 Jember. Sebelum menentukan sampel, dilakukan uji homogenitas terhadap populasi kelas XI yang terdiri dari 6 kelas dan diambil 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Desain penelitian menggunakan post-test control design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi tes, dokumentasi dan wawancara. Sumber data berasal dari guru, siswa, penilaian observer, dan post-test. Sebelum dilakukan uji t, dilakukan uji normalitas terlebih dahulu. Selanjutnya dilakukan uji t untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan analisis Independent Sample T-test dengan bantuan program SPSS 20 guna menjawab rumusan masalah. Berdasarkan hasil analisis menggunakan Mann Whitney Test untuk kemampuan afektif dari pertemuan satu sampai tiga didapatkan nilai Sig (1 tailed) sebesar 0,000 artinya signifikansinya lebih kecil dari α = 0,05, sehingga Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kemampuan afektif siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil analisis menggunakan Mann Whitney Test untuk kemampuan psikomotor dari pertemuan satu sampai tiga didapatkan nilai Sig (1 tailed) sebesar 0,000 artinya signifikansinya lebih kecil dari α = 0,05, sehingga Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kemampuan psikomotor siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil analisis menggunakan Independent Sample TTest untuk hasil belajar kognitif, didapatkan nilai sig = 0,008 artinya signifikansinya lebih kecil dari α = 0,05. Nilai Sig (1-tailed) sebesar 0,004 atau < 0,05 sehingga Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa (a) Model GIGI (Group Investigation dan Guided Inquiry) berpengaruh signifikan terhadap kemampuan afektif siswa di SMA Negeri 4 Jember; (b) Model GI-GI (Group Investigation dan Guided Inquiry) berpengaruh signifikan terhadap kemampuan psikomotor siswa di SMA Negeri 4 Jember (3) Model GI-GI (Group Investigation dan Guided Inquiry) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar fisika ranah kognitif di SMA Negeri 4 Jember. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 120210102040; | - |
dc.subject | Model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Fisika | en_US |
dc.title | MODEL GI-GI (GROUP INVESTIGATION-GUIDED INQUIRY) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA (Studi Pada Kemampuan Afektif, Psikomotor, dan Kognitif untuk Materi Teori Kinetik Gas) | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Febri Galuh Maharani - 120210102040_.pdf | 11.93 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools