Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/77971
Title: PENGARUH PENERAPAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V DI SDN MANGGISAN 01 TANGGUL JEMBER
Authors: Masyud, M. Sulthon
Hasanah, Kholifatul
Keywords: PERMAINAN ULAR TANGGA
HASIL BELAJAR
Issue Date: 17-Nov-2016
Abstract: Salah satu cara untuk mewujudkan pembelajaran menyenangkan pada pembelajaran IPS yakni dengan menggunakan sebuah metode, strategi atau media. Salah satu media yang dapat digunakan pada pembelajaran IPS adalah media permainan ular tangga. Berdasarkan hal tersebut, rumusan masalahnya apakah siswa yang mengikuti pembelajaran dengan media permainan ular tangga hasil belajarnya lebih efektif atau tidak daripada siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa media permainan ular tangga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media permainan ular tangga hasil belajarnya lebih efektif atau tidak daripada siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan media permainan ular tangga. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Manggisan 01 Tanggul Jember sejak tanggal 29 Maret sampai tanggal 15 April 2016. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas VA sebanyak 27 siswa dan kelas VB sebanyak 26 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental sebenarnya atau true experimental dengan pola pre-test post-test control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA dan VB SDN Manggisan 01 Tanggul Jember semester genap Tahun Pelajaran 2015/2016. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka dilakukan uji homogenitas terhadap populasi untuk menentukan tingkat kemampuan awal yang dimiliki siswa. Hasil perhitungan uji homogenitas menunjukkan nilai = 1,141, kemudian harga tersebut dibandingkan dengan nilai dengan 𝑑𝑏 = 51 pada taraf signifikansi 5%. Nilai dengan 𝑑𝑏 = 51 memiliki nilai 1,677. Hasil tersebut membuktikan bahwa < yang berarti kemampuan awal siswa sebelum diberi perlakuan adalah homogen. Selanjutnya dilakukan undian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, didapatkan kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumen, wawancara, observasi dan tes. Skor tes siswa berupa nilai hasil pre-test dan post-test yang dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil perhitungan dengan rumus uji-t diperoleh = 4,119, nilai ini kemudian dibandingkan dengan dengan db = 51 pada taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh = 1,677. Diperoleh > (4,119 > 1,677), dengan demikian hipotesis nihil ( ) yang berbunyi siswa yang mengikuti pembelajaran IPS dengan menggunakan media permainan ular tangga hasil belajarnya tidak efektif daripada siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan media permainan ular tangga di SDN Manggisan 01 Tanggul Jember ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi siswa yang mengikuti pembelajaran IPS dengan menggunakan media permainan ular tangga hasil belajarnya lebih efektif dari pada siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan media permainan ular tangga di SDN Manggisan 01 Tanggul Jember diterima. Peneliti juga melakukan penghitungan keefektifan relatif diperoleh hasil ER sebesar 36,21% sehingga dapat disimpulkan bahwa pencapaian hasil belajar siswa kelas VA yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media permainan ular tangga lebih efektif dibandingkan dengan kelas VB yang tidak menggunakan media permainan ular tangga. Berdasarkan hasil analisis tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa siswa yang mengikuti pembelajaran IPS dengan menggunakan media permainan ular tangga hasil belajarnya lebih efektif daripada siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan media permainan ular tangga pada siswa kelas V di SDN Manggisan 01 Tanggul Jember semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif bagi guru dalam menyampaikan pembelajaran IPS di kelas, penelitian ini juga bisa dijadikan referensi bagi peneliti lain untuk penelitian selanjutnya
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77971
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Kholifatul Hasanah - 120210204014_.pdf2.17 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools