Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/77862
Title: PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN, KEMUDAHAN PENGGUNAAN, RESIKO TERHADAP SIKAP DAN INTENSI PERILAKU NASABAH DALAM PENGGUNAAN INTERNET BANKING DI PT. BANK MUAMALAT INDONESIA, TBK CABANG JEMBER
Authors: SULARSO, R. Andi
IRAWAN, Bambang
HARDININGTYAS, Ria Sri
Keywords: Technology Acceptance Model (TAM)
Internet Banking
Issue Date: 16-Nov-2016
Series/Report no.: 140820101051;
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi intensi perilaku nasabah atas layanan internet banking dengan mengadopsi kerangka konseptual Technology Acceptance Model (TAM) yang dikembangkan oleh Davis pada tahun 1989. Penelitian ini merupakan penelitian replikasi dengan menambah satu variabel independen yaitu variabel persepsi resiko. Peneliti mengambil sampel di PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk. cabang Jember. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar 200 kuesioner kepada nasabah PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk. cabang Jember yang menggunakan layanan internet banking. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan software AMOS versi 22. Hasil dari pengujian data menunjukkan bahwa persepsi kegunaan, kemudahan penggunaan, dan risiko mempengaruhi secara signifikan terhadap sikap penggunaan internet banking namun variabel intensi perilaku penggunaan hanya dipengaruhi secara signifikan oleh variabel persepsi kemudahan penggunaan dan tidak dipengaruhi secara signifikan variabel persepsi kegunaan dan risiko. Variabel sikap mempengaruhi secara signifikan intensi perilaku penggunaan internet banking. Hasil tersebut menunjukkan bahwa intensi perilaku penggunaan layanan internet banking dipengaruhi paling utama oleh faktor kemudahan penggunaan. Layanan yang berguna belum tentu akan tetap digunakan bila dirasa sulit untuk dioperasikan. Faktor resiko ternyata tidak sampai mempengaruhi intensi nasabah untuk tetap menggunakan layanan internet banking. Hal ini berimplikasi pada pengembangan layanan internet banking PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk. cabang Jember seharusnya lebih berfokus pada kemudahan aplikasi dan sosialisasi terkait cara penggunaan agar layanan ini tetap dan semakin digunakan oleh nasabah sehingga pada akhirnya dapat menurunkan biaya operasional bank dalam memberikan layanan transaksi perbankan.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77862
Appears in Collections:MT-Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
RIA SRI HARDININGTYAS - 140820101051_.pdf1.47 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.