Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/77842
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSUTARTO-
dc.contributor.advisorMAHARDIKA, I Ketut-
dc.contributor.authorNURHAPSARI, Reni-
dc.date.accessioned2016-11-16T02:07:59Z-
dc.date.available2016-11-16T02:07:59Z-
dc.date.issued2016-11-16-
dc.identifier.nimNIM140220104012-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77842-
dc.description.abstractHasil penelitian dan analisa data menunjukkan bahwa pengembangan pedoman model pembelajaran PDC yang berisikan deskripsi ketujuh karakteristik model oleh validator ahli dinilai valid. Hasil validasi logis dari 2 dosen ahli dan 2 guru profesional, validasi pengguna guru mata pelajaran IPA, dan validasi audience dari penilaian angket respon siswa oleh 34 siswa kelas VIII D menunjukkan kriteria valid.Masing-masing sebesar 78,13%untuk validasi logis, 79,17% untuk validasi pengguna, dan 76,04% untuk validasi audience dinyatakan valid. Untuk efektifitas model pembelajaran PDC dilihat dari nilai hasil belajar, aktivitas siswa dan retensi hasil belajar. Nilai siklus 1adalah 0,42 kategori sedang, siklus 2 adalah 0,80 ketegori tinggi, siklus 3 adalah 0,81 kategori tinggi. Aktivitas siklus 1 adalah 91,67 kategori sangat aktif, siklus 2 adalah 94,48 kategori sngat aktif, siklus 3 adalah 96,32 kategori sangat aktif. Retensi siswa siklus 1 adalah 79,17, siklus 2 adalah 94,70, siklus 3 adalah 95,29. Maka model pembelajaran PDC untuk pembelajaran IPA di SMP sangat efektif. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Pengembangan model pembelajaran PDC untuk pembelajaran IPA di SMP adalah valid yang terdiri dari validitas ahli, validitas pengguna dan validitas; (2) Pengembangan Model Pembelajaran IPA diSMP sangat valid yang tersiri dari nilai hasil belajar, aktivitas siswa dan retensi hasil belajar.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140220104012;-
dc.subjectPDC (PREPARING, DOING, CONCLUDDING)en_US
dc.subjectPEMBELAJARAN IPAen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PDC (PREPARING, DOING, CONCLUDDING) UNTUK PEMBELAJARAN IPA DI SMPen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Reni Nurhapsari - 140220104012_.pdf957.6 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools