Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/77825
Title: PENGEMBANGAN MODUL IPA BIOLOGI BERBASIS TARI HADRAH DI SEKOLAH WILAYAH PERKEBUNAN KALIBARU POKOK BAHASAN SISTEM GERAK (UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VIII)
Authors: SURATNO
FIKRI, Kamalia
RASMIYANA
Keywords: MODUL IPA BIOLOGI
BERBASIS TARI HADRAH
Issue Date: 16-Nov-2016
Series/Report no.: 120210103056;
Abstract: Tujuan dari penelitian ini sebagai berikut untuk mengetahui hasil validasi Modul IPA Biologi Berbasis Tari Hadrah di Sekolah Wilayah Perkebunan Kalibaru Pokok Bahasan Sistem Gerak (untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII) dan untuk mengetahui hasil uji coba Modul IPA Biologi Berbasis Tari Hadrah di Sekolah Wilayah Perkebunan Kalibaru Pokok Bahasan Sistem Gerak (untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII). Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan mengacu pada model dikemukakan oleh Thiagarajan dan Semmel (dalam Trianto, 2011) yaitu terdapat 4 tahapan utama yaitu Four-D: Define (Tahap pendefinisian), Design (Tahap perencanaan), Develop (Tahap pengembangan), Dessiminate (Tahap penyebarluasan). Namun pada penelitian pengembangan ini hanya sampai pada Develop (Tahap pengembangan). Selanjutnya dilakukan iji coba terbatas dengan subjek uji coba adalah siswa kelas VIII di sekolah wilayah perkebunan Kalibaru Banyuwangi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah validasi ahli dan penilaian atau tanggapan siswa terhadap modul. Data yang diperoleh pada penelitian ini yaitu data hasil validasi ahli dan hasil penilaian atau tanggapan siswa terhadap modul. Tingkat kevalidan modul dilengkapi video berbasis tari hadrah yang telah divalidasi yaitu mencapai 84% dengan kategori valid untuk ahli materi, 83,4 % dengan kategori valid untuk ahli media, 77,5% dengan kategori valid untuk ahli bahasa, 88,85% dengan kategori sangat valid untuk pengguna (guru). Hasil uji coba modul IPA Biologi berbasis tari hadrah di sekolah wilayah perkebunan Kalibaru berdasarkan hasil angket penilaian atau tanggapan siswa kelas VIII adalah termasuk kategori setuju dengan skor 773 yang berarti siswa memahami materi, memahami bahasa yang digunakan pada modul dan tertarik dengan tampilan modul.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77825
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Rasmiyana - 120210103056_.pdf3.77 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools