Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/77785
Title: CAMPUR KODE DALAM TUTURAN SISWA DAN GURU PADA PEMBELAJARAN KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 PROBOLINGGO
Authors: MUJI
WIDJAJANTI, AnIta
WULANSARI, Oky Mei
Keywords: CAMPUR KODE
TUTURAN SISWA DAN GURU
Issue Date: 15-Nov-2016
Series/Report no.: 110210402010;
Abstract: Letak SMA Negeri 3 Probolinggo berada di Wonoasih, perbatasan antara kota dan kabupaten Leces yang masyarakatnya mayoritas menggunakan bahasa Madura dan minoritas menggunakan bahasa Jawa. Namun dengan perkembangan mayoritas masyarakatnya, siswa-siswi serta staf pengajar dan TU di SMA Negeri 3 Probolinggo kebanyakan masyarakat Madura dan Jawa, tentunya hal ini berimbas ke proses interaksi di dalamnya. Adanya campur kode dalam interaksi pembelajaran sendiri pada dasarnya tidak dapat dibenarkan karena tidak sesuai dengan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2004. Khususnya pada pasal 25 ayat 3. Berdasarkan latar belakang tersebut rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, (1) bagaimanakah wujud campur kode dalam tuturan guru dan siswa pada proses pembelajaran di kelas XI IPS SMA Negeri 3 Probolinggo; (2) faktor apakah yang menyebabkan guru dan siswa menggunakan campur kode pada proses pembelajaran di kelas XI IPS SMA Negeri 3 Probolinggo; (3) bagaimana fungsi campur kode pada proses pembelajaran di kelas XI IPS SMA Negeri 3 Probolinggo. Tujuan penelitian ini yaitu, mendeskripsikan tentang (1) wujud campur kode tuturan antara guru dan siswa pada proses pembelajaran di kelas XI IPS SMA Negeri 3 Probolinggo; (2) faktor penyebab guru dan siswa menggunakan campur kode pada proses pembelajaran di kelas XI IPS SMA Negeri 3 Probolinggo; (3) fungsi campur kode dalam proses pembelajaran di kelas XI IPS SMA Negeri 3 Probolinggo. Penelitian ini Menggunakan jenis dan rancangan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang dipilih (1) Observasi yang terdiri dari menyimak dan mencatat dengan menggunakan teknik sadap dan simak bebas libat cakap (SLBC); (2) wawancara, (3) angket. Analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verikasi data. Prosedur penelitian ini ada tiga tahap (1) tahap persiapan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap penyelesaian. Dari campur kode tuturan siswa dan guru dalam pembelajaran di kelas XI IPS SMA Negeri 3 Probolinggo, wujud campur kode terdiri atas a) campur kode ragam budaya, b) campur kode ragam sosial dan c) campur kode kode ragam profesi; Faktor-faktor yang melatarbelakangi terjadinya campur kode tuturan siswa dan guru dalam pembelajaran kelas XI IPS SMA Negeri 3 Probolinggo adalah: a) faktor identifikasi pribadi, b) faktor kepentingan status sosial dan c) faktor kesulitan berkomunikasi; Fungsi campur kode tuturan siswa dan guru dalam pembelajaran kelas XI IPS SMA Negeri 3 Probolinggo meliputi a) fungsi sebagai media penghormatan status sosial dan b) fungsi sebagai media penjelasan lintas budaya.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77785
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Oky Mei Wulansari - 110210402010_.pdf1.25 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools