Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/77767
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | MASYHUD, Sulthon | |
dc.contributor.advisor | RAHAYU | |
dc.contributor.author | PUTRI, Ecky Farsuga Desilia | |
dc.date.accessioned | 2016-11-15T02:27:56Z | |
dc.date.available | 2016-11-15T02:27:56Z | |
dc.date.issued | 2016-11-15 | |
dc.identifier.nim | NIM120210204024 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77767 | |
dc.description.abstract | Mata Pelajaran IPS mempunyai peran yang strategis dan penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul, handal, dan bermoral semenjak dini. Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas yang muara akhirnya dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa, yang pada akhirnya dapat berpengaruh pada hasil belajar siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah “adakah pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS pada siswa SDN Tegal Gede 01 Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2015-2016”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi produksi, transportasi, dan komunikasi pada siswa kelas IV SDN Tegal Gede 01 Jember Semester II Tahun Pelajaran 2015-2016. Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di SDN Tegal Gede 01 Jember, pada tanggal 20 Mei 2016 sampai dengan 24 Mei 2016. Populasi penelitian adalah siswa kelas IVA dengan 28 siswa dan kelas IVB dengan 27 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan pola pre-test post-test control group design. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumen, dan tes (pre-test dan post-test). Sebelum diadakan proses pembelajaran dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan data hasil ulangan akhir semester gasal tahun pelajaran 2015/2016. Uji homogenitas dilakukan dengan uji-t menggunakan program SPSS versi 14 dengan taraf signifikansi 5%. Hasil uji-t tersebut kelas IVA dan IVB dinyatakan homogen sehingga pemilihan kelompok dilakukan dengan teknik random sampling, kelas IVA sebagai kelas eksperimen yang pembelajaran menggunakan pendekatan CTL dan kelas IVB sebagai kelas kontrol pembelajarannya tanpa menggunakan pendekatan CTL yaitu dengan pendekatan konvensional. Uji-t independen antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol berdasarkan nilai selisih antara post-test dan pre-test. Nilai siswa yang di ajar menggunakan pendekatan CTL mempunyai rata-rata nilai sebesar 86,56 sedangkan nilai siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional mempunyai nilai lebih rendah yakni rata-rata 80,04. Hasil uji statistik independent test menggunakan program SPSS versi 14 sebesar 5,007. Kemudian dikonsultasikan dengan t-𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan db=53. Diperoleh bahwa hasil t-ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > t-𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 5,007 > 1,674. Kemudian untuk mengetahui keefektifan relatif pendekatan CTL digunakan rumus ER, melalui perhitungan rumus ER diperoleh hasil 70,089%. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan dan pengaruh yang signifikan sebesar 70,089% antara nilai siswa yang diajar dengan menerapkan pendekatan CTL dibandingkan dengan nilai siswa yang diajar dengan menerapkan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi produksi, transportasi, dan komunikasi pada siswa kelas IV SDN Tegal Gede 01 Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2015-2016. Saran dari penelitian ini adalah guru diharapkan mampu memberikan gambaran pengetahuan dan ketrampilan praktis kepada guru SD dalam mendesain perencanaan pembelajaran yang kondusif dengan berbagai pendekatan pembelajaran. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 120210204024; | |
dc.subject | CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING | en_US |
dc.subject | PELAJARAN IPS | en_US |
dc.subject | HASIL BELAJAR | en_US |
dc.title | Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS pada Siswa Kelas IV Di SDN Tegal Gede 01 JEMBER | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Ecky Farsuga Desilia Putri - 120210204024_.pdf | 2.34 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools