Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/77755
Title: | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DISERTAI METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA KELAS X DI SMA NEGERI ARJASA |
Authors: | PRIHANDONO, Trapsilo HANDAYANI, Rif’ati Dina DEWI, Dyah Rosita |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Pembelajaran Fisika |
Issue Date: | 15-Nov-2016 |
Series/Report no.: | 100210102071; |
Abstract: | Pendidikan merupakan suatu investasi yang berharga bagi setiap orang dimana investasi ini akan dapat meningkatkan nilai manusia dengan kualitas pendidikan yang bermutu. Peningkatan kualitas pendidikan telah dilakukan seiring dengan perkembangan jaman. Berbagai jalan telah ditempuh untuk mengatasi masalah tersebut, antara lain dengan penyempurnaan kurikulum. Diungkapkan oleh Programme for International Student Assessment (PISA) hasil studinya tahun 2009 menempatkan Indonesia pada peringkat bawah 10 besar dari 65 negara peserta PISA. Hal ini juga dibuktikan dengan wawancara terbatas yang telah dilakukan dengan guru fisika kelas X SMA Negeri Arjasa pada hasil UAS tahun ajaran 2015/2016 semester 1, menyatakan bahwa hasil belajar fisika siswa masih tergolong rendah. Hal ini terbukti dari hasil belajar siswa masih ada yang di bawah KKM 70. Oleh karena itu perlu adanya model yang dapat membantu siswa meningkatkan hasil belajarnya. Salah satu alternatifnya ialah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) disertai metode eksperimen. Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT disertai metode eksperimen terhadap sikap siswa kelas X SMA Negeri Arjasa, (2) mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT disertai metode eksperimen terhadap pengetahuan siswa kelas X SMA Negeri Arjasa, (3) mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT disertai metode eksperimen terhadap keterampilan siswa kelas X SMA Negeri Arjasa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Arjasa. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest-only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri Arjasa. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode cluster random sampling. Sebelumnya dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan SPSS dengan analisis ANOVA (Analisis of Variance). Data yang digunakan untuk uji homogenitas adalah nilai ulangan harian siswa pada pokok bahasan elastisitas. Adapun kelas yang terpilih adalah X MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji t pada SPSS 20. Hasil analisis sikap siswa diperoleh signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 ≤ 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak artinya hasil sikap siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil analisis pengetahuan siswa diperoleh signifikansi (2-tailed) sebesar 0,012 ≤ 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak artinya hasil pengetahuan siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil analisis keterampilan siswa diperoleh signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 ≤ 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak artinya hasil keterampilan siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) disertai metode eksperimen berpengaruh terhadap sikap kelas X di SMA negeri Arjasa, 2) model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) disertai metode eksperimen berpengaruh terhadap pengetahuan kelas X di SMA negeri Arjasa, 3) model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) disertai metode eksperimen berpengaruh terhadap keterampilan kelas X di SMA negeri Arjasa. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77755 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Dyah Rosita Dewi - 100210102071_.pdf | 3.4 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools