Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/77731
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorMOCHTAR, Imam-
dc.contributor.advisorMARDIATI, Yayuk-
dc.contributor.authorPUTRI, Novi Dwi Ratna-
dc.date.accessioned2016-11-15T00:52:29Z-
dc.date.available2016-11-15T00:52:29Z-
dc.date.issued2016-11-15-
dc.identifier.nimNIM120210204007-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77731-
dc.description.abstractSubjek penelitian ini adalah siswa kelas VA di SD Muhammadiyah 1 Jember dengan jumlah siswa 38 yang terdiri dari 24 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil observasi hasil belajar siswa dianalisis secara deskriptif. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 menunjukkan bahwa hasil belajar siswa (penilaian sikap) mengalami peningkatan dari prasiklus sebesar 13 poin dari 63 menjadi 76. Pada siklus II, skor rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 9,05 poin dari 76 menjadi 85,05. Skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar siswa (penilaian pengetahuan) mengalami peningkatan dari prasiklus sebesar 20,19 poin dari 59,31 menjadi 79,5. Pada siklus II, skor rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 5,86 poin dari 79,5 menjadi 85,36. Skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar siswa (penilaian keterampilan) mengalami peningkatan dari prasiklus sebesar 16,37 poin dari 61,26 menjadi 77,63. Pada siklus II, skor rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 10,37 poin dari 77,63 menjadi 88.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries120210204007;-
dc.subjectNUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)en_US
dc.subjectHASIL BELAJAR SISWAen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V TEMA SEJARAH PERADABAN INDONESIA DI SD MUHAMMADIYAH 1 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Novi Dwi Ratna Putri - 120210204007_.pdf2.65 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools