Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/77600
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Titik Sugiarti | - |
dc.contributor.advisor | Susanto | - |
dc.contributor.author | Yulia Handriani | - |
dc.contributor.author | Titik Sugiarti | - |
dc.contributor.author | Susanto | - |
dc.date.accessioned | 2016-11-11T08:20:24Z | - |
dc.date.available | 2016-11-11T08:20:24Z | - |
dc.date.issued | 2016 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77600 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Darus Sholah Jember pada mata pelajaran Matematika. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran masih berpusat kepada guru (Teacher Oriented) sehingga pembelajaran terkesan monoton dan membuat siswa kurang aktif karena aktivitas belajar siswa terbatas pada mendengarkan penjelasan guru, mencatat, dan mengerjakan tugas. Guru jarang menggunakan media atau alat peraga dalam kegiatan pembelajaran dan tidak membiasakan siswa untuk menghubungkan pengetahuan yang diperoleh dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), serta meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas, penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 40 siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa rata-rata aktivitas siswa meningkat sebesar 10,3% dari 65,4% pada siklus I menjadi 75,7% pada siklus II. Demikian juga dengan skor rata-rata hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan sebesar 7,7 dari 68,7 pada siklus I menjadi 76,4 pada siklus II. Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada mata pelajaran matematika pokok bahasan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan berjalan lancar dan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Darus Sholah Jember. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | UNEJ | en_US |
dc.subject | Aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, dan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) | en_US |
dc.title | Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan pada Siswa Kelas IV SD Darus Sholah Jember Tahun Ajaran 2015/2016 | en_US |
dc.type | Student Paper | en_US |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
YULIA HANDRIANI.odt | 288.16 kB | OpenDocument Text | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.