Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/77547
Title: | Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dengan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa (Kelas X MIPA 4 SMA Negeri 4 Jember Pokok Bahasan Plantae Tahun Pelajaran 2015/2016) |
Authors: | Suratno Dwi Wahyuni Vita Octaviana Suratno Dwi Wahyuni |
Keywords: | Model AIR, audio visual, berpikir kritis, hasil belajar |
Issue Date: | 2016 |
Publisher: | UNEJ |
Abstract: | Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dengan media audio visual pada siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 4 Jember tahun pelajaran 2015/2016 yang dilakukan sebanyak dua siklus. Tahapan siklus meliputi: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian dari keterampilan berpikir kritis pada pra siklus sebesar 59, pada siklus I meningkat sebesar 11 menjadi 70 dan pada siklus II meningkat sebesar 5,7 menjadi 75,7. Pada hasil belajar siswa, rata-rata hasil belajar pada ranah kognitif pada pra siklus 71, pada siklus I meningkat sebesar 12,4 menjadi 83,4 dan pada siklus II meningkat sebesar 2,1 menjadi 85,5, sedangkan untuk hasil belajar afektif pada siklus I sebesar 85,5 meningkat sebesar 2,5 menjadi 88 pada siklus II. Kesimpulannya bahwa penerapan model pembelajaran AIR (Auditory Intellectually Repetition) dengan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77547 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
VITA OCTAVIANA.odt | 272.67 kB | OpenDocument Text | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.