Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/77546
Title: | Penerapan Problem-Based Learning Berbantuan Media Video Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran PKn Pokok Bahasan Globalisasi Semester 2 di SDN Tegalgede 02 Sumbersari Jember |
Authors: | Yayuk Mardiati Syarifuddin Vindi Amelyana Putri Yayuk Mardiati Syarifuddin |
Keywords: | problem-based learning, aktivitas belajar, hasil belajar |
Issue Date: | 2016 |
Publisher: | UNEJ |
Abstract: | PKn merupakan mata pelajaran yang menfokuskan pada pembentukan warga Negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajiban untuk menjadi warga Negara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter. Problem-based learning berbantukan media video adalah pembelajaran yang dimulai dari memunculkan suatu masalah dilingkungan dan mencari solusi dari permasalahan, pembelajaran yang melibatkan siswa dalam prosesnya akan membuat pembelajaran tersebut lebih lama diingatan siswa. Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar belajar siswa kelas IV pada mata pembelajaran PKn pokok bahasan globalisasi di SDN Tegalgede 02 Sumbersari Jember melalui penerapan problem-based learning berbantuan media video. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan 1 kali tes di akhir silkus, pertemuan kedua terdiri dari 1 pertemuan dan satu kali tes di akhir siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Tegalgede 02 SumbersariJember yang berjumlah 31 siswa, yang terdiri atas 18 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan problem-based learning berbatuan media video, hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata aktivitas belajar siswa pra siklus sebesar 40,5 % meningkat pada siklus I sebesar 62,90 % meningkat lagi menjadi 77,41 % pada siklus II. Skor hasil belajar siswa secara klasikal pada prasiklus sebesar 61 % menjadi 70,45 % pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 80,12 % pada siklus II. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77546 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
VINDI AMELYANA PUTRI.odt | 263.9 kB | OpenDocument Text | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.