Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/77454
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSri Kantun-
dc.contributor.advisorSukidin-
dc.contributor.authorTifa Wisanti-
dc.contributor.authorSri Kantun-
dc.contributor.authorSukidin-
dc.date.accessioned2016-11-08T08:24:05Z-
dc.date.available2016-11-08T08:24:05Z-
dc.date.issued2016-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77454-
dc.description.abstractPelaksanaan kegiatan Prakerin merupakan salah satu kegiatan inti dalam pendidikan kejuruan. Penemuan di lapangan menunjukkan pelaksanaan Prakerin yang diselenggarakan oleh SMK swasta di daerah Jember masih kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan sebagai alat evaluasi untuk mengetahui kesesuaian pelaksanaan Prakerin di lapangan dengan prosedur. Model evaluasi yang digunakan adalah evaluasi model CIPP (Contexs, Input, Process, dan Product).  Metode penentuan lokasi penelitian dilakukan dengan purposive  yaitu SMK Islam Bustanul Ulum Pakusari pada kompetensi keahlian pemasaran. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumen. Keabsahan temuan dicek dengan triangulasi data. Hasil evaluasi context menunjukkan pelaksanaan Prakerin dapat memenuhi kebutuhan sebesar 67%, kesesuaian isi tujuan pelaksanaan Prakerin sebesar 67%, aset yang dimiliki sebesar 43%, peluang yang muncul pada pelaksanaan Prakerin sebesar 100%. Hasil evaluasi input menunjukkan kesesuaian penggunaan pendekatan sebesar 100%, kesesuaian penggunaan material sebesar 67%, hambatan yang ditemui dalam pelaksanaan Prakerin sebesar 67%. Hasil evaluasi process menunjukkan kesesuaian proses pelaksanaan sebesar 75%, kesesuaian proses penilaian sebesar 50%, kesesuaian komponen pelaksanaan Prakerin sebasar 80%, kesesuaian tahapan pelaksanaan sebesar 60%, perolehan manfaat sebesar 83%. Hasil evaluasi variabel product menunjukkan kesesuaian perolehan hasil sebesar 50%, kesesuaian ketercapaian Pelaksanaan Prakerin sebesar  75%.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectPrakerin, Evaluasi Program, CIPPen_US
dc.titleEVALUASI PELAKSANAAN PRAKERIN DENGAN MODEL CONTEXS, INPUT, PROCESS, DAN PRODUCT (CIPP) PADA KOMPETENSI KEAHLIAN PEMASARAN DI SMK ISLAM BUSTANUL ULUM PAKUSARI JEMBERen_US
dc.typeStudent Paperen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TIFA WISANTI.odt244.96 kBOpenDocument TextView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.