Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/77446
Title: | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Menganalisis Peran Pelaku Ekonomi Dalam Sistem Perekonomian Indonesia Kelas XI IIS 3 Di SMAN 1 Arjasa Tahun Ajaran 2015/2016) |
Authors: | Hety Mustika Ani Retna Ngesti Selaturohmah Hety Mustika Ani Retna Ngesti |
Keywords: | Model Pembelajaran Discovery learning Berbantuan LKS, Motivasi dan Hasil Belajar Siswa |
Issue Date: | 2016 |
Publisher: | UNEJ |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IIS 3 SMAN 1 Arjasa tahun ajaran 2015/2016 pada mata pelajaran ekonomi kompetensi dasar menganalisis peran pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia melalui penerapan model discovery learning berbantuan LKS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap penelitian yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI IIS 3 yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara dan dokumen. Analisis data motivasi belajar siswa diperoleh dari hasil pengamatan observer pada saat pelaksanaan tindakan perbaikan dan analisis hasil belajar siswa diperoleh dari nilai ulangan harian siswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan LKS dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dari kategori rendah dengan skor 2,0 menjadi kategori sedang dengan skor 3,2 pada siklus 1 dan pada siklus 2 meningkat menjadi kategori tinggi dengan skor 3,7. Begitu pula pada hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, persentase siswa yang mendapat skor di atas KKM 3,00 pada sebelum tindakan sebesar 46%, setelah pelaksanaan siklus 1 meningkat menjadi 71,87% dan pada siklus 2 meningkat kembali menjadi 81,25%. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat diketahui bahwa dengan penerapan model discovery learning berbantuan LKS dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77446 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SELATUROHMAH.odt | 265.48 kB | OpenDocument Text | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.