Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/77444
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorNuriman-
dc.contributor.advisorAgustiningsih-
dc.contributor.authorSandhy Pradata-
dc.contributor.authorNuriman-
dc.contributor.authorAgustiningsih-
dc.date.accessioned2016-11-08T06:24:33Z-
dc.date.available2016-11-08T06:24:33Z-
dc.date.issued2016-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77444-
dc.description.abstractMetode eksperimen merupakan metode mengajar yang dalam penyajian atau pembahasan materinya melalui percobaan atau mencobakan sesuatu serta mengamati secara proses. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode eksperimen dan peningkatan aktivitas serta hasil belajar siswa kelas V SDN Jember Lor 02 pada pokok bahasan sifat-sifat cahaya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki atau meningkatkan praktik-praktik pembelajaran di kelas konvensional. Rancangan penelitian yang digunakan adalah metode Kemmis dan McTaggart (dalam Sukardi, 2011:214-215) yang terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang kemudian diikuti siklus spiral berikutnya. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan pada aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Jember Lor 02 setelah menerapkan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA pada pokok bahasan sifat-sifat cahaya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjecteksperimen, PTK, aktivitas, hasil belajar.en_US
dc.titlePenerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Pokok Bahasan Sifat-Sifat Cahaya Siswa Kelas V SDN Jember Lor 02 Tahun Pelajaran 2014/2015en_US
dc.typeStudent Paperen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SANDHY PRADATA.odt271.97 kBOpenDocument TextView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.