Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/77439
Title: Penerapan Bermain Balok untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial dan Emosional Anak Kelompok A1 di TK Dharma Wanita Grenden Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016
Authors: Nanik Yuliati
Misno A. Lathif
Robithoh Wardatud Dawiyah
Nanik Yuliati
Misno A. Lathif
Keywords: social and emotional ability, playing blocks, classroom action research.
Issue Date: 2016
Publisher: UNEJ
Abstract: Penelitian dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan sosial dan emosional anak kelompok A1 di TK Dharma Wanita Grenden Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Rumusan masalahnya adalah bagaimanakah peningkatan perkembangan sosial dan emosional anak Kelompok A1 melalui bermain balok di TK Dharma Wanita Grenden?. Tujuan penelitian adalah meningkatkan perkembangan sosial dan emosional anak Kelompok A1 melalui bermain balok di TK Dharma Wanita Grenden. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A1 TK Dharma Wanita Grenden sejumlah 19 anak yang terdiri atas 9 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dilaksanakan sebanyak dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan sosial dan emosional anak kelompok A1 TK Dharma Wanita Grenden mengalami peningkatan dengan kualifikasi sangat baik. Nilai rata-rata perkembangan sosial anak pada siklus 1 71,9 dengan kualifikasi baik dan terjadi peningkatan pada siklus 2 menjadi 83,8 dengan kualifikasi sangat baik,  sedangkan untuk nilai rata-rata perkembangan emosional anak pada siklus 1 71,9 dengan kualifikasi baik dan terjadi peningkatan juga pada siklus 2 menjadi 86 dengan kualifikasi sangat baik..
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77439
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ROBITHOH WARDATUD DAWIYAH.odt284.34 kBOpenDocument TextView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.