Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/77399
Title: KAJIAN KEPUTUSAN PETANI DALAM PEMASARAN GABAH MELALUI TENGKULAK (Studi Kasus Desa Dukuhmencek Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember)
Authors: SUBEKTI, Sri
HAPSARI, Triana Dewi
WIJAYA, Johan Puput
Keywords: PETANI
PEMASARAN GABAH
Issue Date: 7-Nov-2016
Series/Report no.: 001510201159;
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahm alasan yang mendasari keputusan petani dalam pemasaran gabah melalui tengkulak, untuk mengetahui hubungan antara faktor ekonomi petani dengan keputusan petani dalam pemasaran gabah melalui tengkulak, dan untuk mengetahui hubungan antara faktor sosial petani dengan keputusan petani dalam pemasaran gabah melalui tengkulak. Penentuan daerah penelitian dilakukan secara sengaja (purposive), yaitu di Desa Dukuhmencek Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan korelasional. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Pusposive Sampling dan Simple Random Sampling, dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 43 responden Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode analisa data yang digunakan adalah analisa deskriptif dan analisa korelasi Rank Sperman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alasan yang mendasari keputusan petani dalam pemasaran gabah melalui tengkulak adalah tidak adanya alternatif lembaga pemasaran lain, kemudahan pemasaran, kuatnya kerjasama antar lembaga pemasaran dalam penentuan harga, kurangnya minat petani untuk mengeringkan gabah yang dihasilkan, kebutuhan yang mendesak. Berdasarkan uji Rank Sperman didapat keterangaflahwa faktor ekonurni yaitu modal, biaya pemasaran, resiko, dan I uas lahan tidak mempunyai hubungan yang nyata dengan keputusan petani dalam pemasaran gabah melalui tengkulak. Selain itu berdasarkan uji Rank sperman faktor sosial yang tidak mempunyai hubungan yang nyata dengan keputusan petani cr4: .pemasaran gabah melalui tengkulak adalah pe ‘didikan, pengalaman, informasi, sedangkan faktor sosial yang memiliki hubungan yang nyata dengan keputusan petani dalam pemasaran gabah melalui tengkulak adalah keberadaan lembaga ekonomi dan kebiasaan petani.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77399
Appears in Collections:UT-Faculty of Agriculture

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Johan Puput Wijaya 001510201159_.pdf16.82 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools