Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/77383
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorYayuk Mardiati-
dc.contributor.advisorSihono-
dc.contributor.authorNovita Diah Nurmala-
dc.contributor.authorYayuk Mardiati-
dc.contributor.authorSihono-
dc.date.accessioned2016-11-07T02:06:20Z-
dc.date.available2016-11-07T02:06:20Z-
dc.date.issued2016-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77383-
dc.description.abstractHakikat pembelajaran IPS merupakan bidang studi yang mempelajari manusia dalam semua aspek kehidupan dan interaksinya dalam masyarakat. Model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization adalah suatu model pembelajaran yang dirancang untuk membuat para siswa bekerja dalam tim-tim pembelajaran kooperatif dan pengemban tanggung jawab yang dimiliki siswa juga akan lebih tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan koperasi di SDN Tegalsari 03. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan 1 kali tes di akhir silkus, pertemuan kedua terdiri dari 2 pertemuan dan 1 kali tes di akhir siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Tegalsari 03 yang berjumlah 25 siswa, yang terdiri atas 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization, hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata aktivitas belajar siswa pra siklus sebesar 54,66 meningkat pada siklus I sebesar 69,88 meningkat lagi menjadi 84,37 pada siklus II. Skor hasil belajar siswa secara klasikal pada pra siklus sebesar 54,36 menjadi 60,04 pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 71,62 pada siklus II.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectmodel pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization, aktivitas, hasil belajaren_US
dc.titlePenerapan model pembelajaran Tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan koperasi di SDN Tegalsari 03 Ambuluen_US
dc.typeStudent Paperen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
NOVITA DIAH NURMALA.odt306.09 kBOpenDocument TextView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.