Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/77381
Title: Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di SDN Rambigundam 01 Jember
Authors: Muhtadi Irvan
M. Sulthon Masyhud
Noorma Putri Setiaji
M. Sulthon Masyhud
Muhtadi Irvan
Keywords: model cooperative learning tipe STAD, hasil belajar, penelitian eksperimen.
Issue Date: 2016
Publisher: UNEJ
Abstract: Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh atau dampak dari suatu perlakuan (treatment) tertentu terhadap perubahan suatu kondisi atau keadaan tertentu. Penerapan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru khususnya di SD dalam mata pelajaran IPS masih kurang bervariasi dan memiliki kecenderungan pada metode tertentu sehingga menyebabkan rendahnya minat siswa serta kurang adanya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Rambigundam 01 Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan sampel penelitian terdiri atas 50 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumen, wawancara, observasi dan tes. Pelaksanaan penelitian dengan menerapkan model cooperative learning tipe STAD dilaksanakan selama 2 minggu, sejak tanggal 9 sampai 25 April 2016. Sebelum melakukan penelitian terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dan uji normalitas. Uji homogenitas bertujuan untuk mengetahui kondisi suatu kelas homogen atau tidak homogen. Uji normalitas bertujuan untuk mengetahui penyebaran data pada sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan harga= 2,785, kemudian harga dikonsultasikan dengan pada taraf signiikansi 5%, nil
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77381
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
NOORMA PUTRI SETIAJI.odt456.63 kBOpenDocument TextView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.