Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/77369
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorChumi Zahroul Fitriah-
dc.contributor.advisorImam Muchtar-
dc.contributor.authorMebtan Dwi Permana-
dc.contributor.authorImam Muchtar-
dc.contributor.authorChumi Zahroul Fitriah-
dc.date.accessioned2016-11-04T02:56:29Z-
dc.date.available2016-11-04T02:56:29Z-
dc.date.issued2016-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77369-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi oleh aktivitas belajar siswa dalam kategori cukup aktif dan hasil belajar siswa dalam kategori baik kelas IV di SDN Kebonsari 5 Jember pada tema Indahnya Kebersamaan, subtema Keberagaman Budaya Bangsaku, Pembelajaran 1. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada tema Cita-citaku sub tema Hebatnya Cita-citaku Pembelajaran 1 melalui penerapan strategi Peta Konsep Jenis Pohon Jaringan di SDN Kebonsari 5 Jember. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada tema Cita-citaku sub tema Hebatnya Cita-citaku Pembelajaran 1 melalui penerapan strategi Peta Konsep Jenis Pohon Jaringan di SDN Kebonsari 5 Jember.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Penelitian dilakukan di SDN Kebonsari 5 Jember.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kebonsari 5 Jember yang berjumlah 22 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa melalui penerapan strategi Peta Konsep Jenis Pohon Jaringan Skor rata-rata aktivitas belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi 78,86 pada siklus I dan pada siklus II 83,86 sedangkan hasil belajar siswa untuk penilaian pengetahuan secara klasikal meningkat menjadi 73,77 pada siklus I dan pada siklus II 80,04 Skor rata-rata hasil belajar siswa untuk penilaian sikap secara klasikal meningkat menjadi 72,04 pada siklus I dan pada siklus II 76,02. Skor rata-rata hasil belajar siswa untuk penilaian keterampilan secara klasikal meningkat menjadi 79,54 pada siklus I dan pada siklus II 84,05.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectstrategi peta konsep jenis pohon jaringan , aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswaen_US
dc.titlePenerapan Strategi Peta Konsep Jenis Pohon Jaringan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema Cita-Citaku di SDN Kebonsari 05 Jemberen_US
dc.typeStudent Paperen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
MEBTAN DWI PERMANA.odt430.16 kBOpenDocument TextView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.