Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/77364
Title: Self Efficacy Guru Bimbingan dan Konseling dalam Upaya Pencegahan HIV&AIDS di Tingkat SMA Sederajat Kabupaten Jember (School Counselor Self-Efficacy in HIV & AIDS Prevention Efforts at High Schools in Jember Regency)
Authors: Abdul Gani, Husni
Baroya, Ni’mal
Antasari, Roro
Keywords: self-efficacy
pencegahan HIV&AIDS
guru BK
Issue Date: 2016
Publisher: UNEJ PRESS
Series/Report no.: Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa;
Abstract: Peran guru bimbingan dan konseling terhadap fungsi pencegahan menduduki posisi strategis, karena dapat membantu berbagai persoalan anak didik tertular HIV&AIDS seperti seks bebas, penggunaan narkoba suntik, pengunaan tatto dan tindik. Jumlah kasus AIDS umur 15-19 tahun sebesar 3% di Kabupaten Jember. Guru Bimbingan dan Konseling dituntut mempunyai self efficacy tinggi, karena individu dengan self efficacy tinggi cenderung menunjukkan perilaku pencegahan yang baik. Tujuan untuk menganalisis self efficacy, sikap, dan tindakan guru bimbingan dan konseling dalam upaya pencegahan HIV&AIDS di tingkat SMA sederajat Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif fenomenologi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa informan mempunyai self efficacy rendah, karena merasa kesulitan, kurang yakin, mudah menyerah, cukup menguasai materi HIV&AIDS namun kurang baik dalam mengatur waktu. Sikap informan setuju jika dilakukan pemberian informasi HIV&AIDS pada anak didik, namun tindakan nyata hal itu masih rendah. Kesimpulan penelitian ini adalah self efficacy informan rendah dilihat dari aspek level, strength, dan generality. Informan mempunyai sikap positif, namun tindakan nyata sebagai upaya pencegahan HIV&AIDS pada anak didik kurang dilakukan
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77364
Appears in Collections:SRA-Medical

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Roro Antasari.pdf237.56 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.