Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/77348
Title: | Pemberdayaan Kemampuan Retensi Siswa dalam Pembelajaran IPA di SMP Kabupaten Jember |
Authors: | Suratno Iis Nur Asyiah Jiniari Apriska Dewi Suratno Iis Nur Asyiah |
Keywords: | kemampuan retensi, pembelajaran IPA, SMP Kabupaten Jember |
Issue Date: | 2016 |
Publisher: | UNEJ |
Abstract: | Kemampuan retensi merupakan salah satu indikator tercapainya keberhasilan pembelajaran. Kemampuan retensi berkaitan dengan kemampuan siswa dalam mengingat konsep yang telah dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemberdayaan kemampuan retensi siswa dalam pembelajaran IPA di SMP Kabupaten Jember. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket tentang pembelajaran IPA di SMP Kabupaten Jember. Pengumpulan data telah dilakukan selama bulan April – Mei tahun 2015, yang meliputi 20 SMP di Kabupaten Jember, yaitu SMPN 1 Jember, SMPN 2 Jember, SMPN 3 Jember, SMPN 4 Jember, SMPN 1 Kencong dan SMPN 2 Umbulsari. Angket yang digunakan telah divalidasi oleh ahli dan digunakan sebagai instrumen penelitian. Angket yang digunakan bersifat semi terbuka, yaitu kombinasi antara pertanyaan terbuka dan pertanyaan tertutup. Data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif dalam bentuk persentase dengan bantuan program Excel for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih sedikit guru yang memberdayakan kemampuan retensi siswa. Ada beberapa guru yang sudah mengetahui pentingnya kemampuan retensi sebagai indikator keberhasilan pembelajaran, akan tetapi sebagian besar lebih sering menggunakan tes secara langsung di akhir kegiatan pembelajaran. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77348 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
JINIARI APRISKA DEWI, S.Pd..odt | 247.82 kB | OpenDocument Text | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.