Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/77301
Title: | PENGARUH MEDIA BAHAN ALAM TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN MA’HAD ALLAMI KABUPATEN JEMBER TAHUN 2014/2015 |
Authors: | AT. Hendrawijaya Niswatul Imsiyah Farida wardani AT. Hendrawijaya Niswatul Imsiyah |
Keywords: | Media bahan alam, Motorik Halus |
Issue Date: | 2016 |
Publisher: | UNEJ |
Abstract: | Usia Emas adalah masa anak diusia 0-6 tahun, anak usia dini mengalami perkembangan otak mencapai 80% salah satunya motorik halus (Mulyasa, 2012:2). Salah satu cara untuk membantu perkembangan adalah dengan menggunakan media bahan alam. Anak akan belajar menempel dan-daunan, menabur pasir, dan menjepit biji-bijian. Penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu adakah pengaruh media bahan alam terhadap perkembangan motorik halus? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh media bahan alam terhadap perkembangan motorik halus anak usia dini setelah menggunakan bahan alam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif menggunakan rumus t-test melalui softwere SPSS v. 16. untuk windows. Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan bahwa media bahan alam dapat memengaruhi perkembangan motoruk halus anak usia dini di Kelompok Bermain Ma’had Allami. Hal itu dapat dilihat dari prosentase 29% perkembangan motorik halus pada pretest dan 73% perkembangan motorik halus pada postest. Adapun hasil uji T signifikansi pretest dan postest sebesar 0,012 < 0,05. Dengan hasil demikian berarti Ha diterima dan H0 ditolak bahwa ada pengaruh media bahan alam terhadap perkembangan motorik halus anak usia dini Kelompok Bermain Ma’had Allami. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77301 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
FARIDA WARDANI.odt | 23.43 kB | OpenDocument Text | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.