Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/77267
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSinggih Bektiarso-
dc.contributor.advisorAgustiningsih-
dc.contributor.authorEka Yunita Sari-
dc.contributor.authorSinggih Bektiarso-
dc.contributor.authorAgustiningsih-
dc.date.accessioned2016-11-01T01:58:52Z-
dc.date.available2016-11-01T01:58:52Z-
dc.date.issued2016-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77267-
dc.description.abstractteaching pada mata pelajaran IPA. Berdasarkan tujuan tersebut latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa kelas III di SDN 3 Tulungrejo pada pembelajaran IPA. Salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi hasil belajar adalah dengan menerapkan model pembelajaran quantum teaching. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan motivasi belajar IPA siswa kelas III dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching di SDN 03 Tulungrejo Glenmore Banyuwangi 2015-2016 ? serta bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas III dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching di SDN 03 Tulungrejo Glenmore Banyuwangi tahun ajaran 2015-2016 ?. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN 03 Tulungrejo dengan jumlah 29 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penerapan quantum teaching dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA. Hasil belajar IPA siswa kelas III SDN 3 Tulungrejo mengalami peningkatan dari 57,66 pada pra siklus menjadi 62,62 pada siklus I dan 80,84 pada siklus II. Motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan dari yang sebelumnya 53 pada pra siklus menjadi 59,38 pada siklus I dan 70,7 pada siklus II.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectquantum teaching, motivasi belajar, hasil belajarnyaen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA POKOK BAHASAN PENGGOLONGAN MAHLUK HIDUP DI SDN 3 TULUNGREJO GLENMORE BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2015/2016en_US
dc.typeStudent Paperen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
EKA YUNITA SARI.odt261.5 kBOpenDocument TextView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.