Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/77236
Title: Heterogenitas Kemampuan Belajar Siswa sebagai Dasar Pengembangan Model Pembelajaran Leader-TRACE
Authors: Sudarti
I Ketut Mahardika
Aulya Nanda Prafitasari
Sudarti
I Ketut Mahardika
Keywords: heterogenitas kemampuan belajar siswa, IPA, pengembangan model pembelajaran, Leader-TRACE
Issue Date: 2016
Publisher: UNEJ
Abstract: Kemampuan siswa yang tidak homogen dalam kelas adalah salah satu permasalahan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggambarkan tingkat heterogenitas kemampuan siswa di kelas sehingga membutuhkan pengembangan model pembelajaran baru yang dapat lebih fokus untuk meminimalkannya. Data heterogenitas kemampuan siswa dikumpulkan menggunakan kuesioner dan wawancara pada Mei 2015, yang terdiri dari 10 guru dan 20 siswa dari beberapa sekolah menengah di Jember. Sebagai hasil, para guru menjelaskan bahwa sebagian besar sekolah memiliki kemampuan belajar perbedaan siswa secara signifikan, sehingga pemahaman siswa tidak merata. Sebagian besar siswa mengatakan bahwa model pembelajaran oleh guru dirasa membosankan dan kurang memotivasi untuk belajar. Mereka juga lebih memilih untuk belajar di kelompok daripada individu karena mereka dapat berbagi pendapat jika mengalami kesulitan dalam belajar. Oleh karena itu, perlu pengembangan model pembelajaran baru yang dikemas dalam Leader-TRACE (Training, Action, Evaluation), yakni model pembelajaran dengan sintaks yang lebih fokus untuk meningkatkan pemahaman siswa dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran Leader-TRACE (Training, Action, Evaluation) yang didasari oleh heterogenitas kemampuan siswa di kelas sangat diperlukan.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77236
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Aulya Nanda Prafitasari, S.Pd..odt243.98 kBOpenDocument TextView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.