Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/77232
Title: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dengan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi (Pokok Bahasan Sistem Ekskresi Siswa Kelas XI C SMAU BPPT Darus Sholah)
Authors: Pujiastuti
Bevo Wahono
Ainul Syachnia
Pujiastuti
Bevo Wahono
Keywords: Model STAD, mind mapping, aktivitas, hasil belajar
Issue Date: 2016
Publisher: UNEJ
Abstract: Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran koperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dengan teknik mind mapping di kelas XI C SMAU BPPT Darus Sholah yang dilakukan sebanyak dua siklus. Tahapan siklus meliputi: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian dari aktivitas menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas siswa pada siklus 1 ke siklus 2 sebesar 11,68%. Pada hasil belajar siswa mengalami peningkatan baik aspek kognitif maupun afektif. Pada aspek kognitif, peningkatan dari prasiklus ke siklus 1 sebesar 34,2. Siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 31,5, dan pada prasiklus ke siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 65,6. Sedangkan pada peningkatan aspek afektif dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 6,8%. Kesimpulannya bahwa penerapan model pembelajaran koperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dengan teknik mind mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas XI C SMAU BPPT Darus Sholah.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77232
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
AINUL SYACHNIA.odt263.6 kBOpenDocument TextView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.