Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76867
Title: PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL PROBLEM SOLVING PERFORMANCE MODELLING PADA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 JEMBER
Authors: Sugiarti, Titik
Lestari, Nurcholif Diah Sri
Sani, Nur Rovita
Keywords: MODEL PROBLEM SOLVING PERFORMANCE MODELLING
PERANGKAT PEMBELAJARAN
PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP
Issue Date: 1-Sep-2016
Abstract: Mutu pendidikan matematika dapat ditingkatkan melalui pemecahan masalah. Berdasarkan hasil penilaian Programme International for Student Assessment (PISA) tahun 2012, Indonesia berada pada urutan ke-64 dari 65 negara. Soal-soal pemecahan masalah digunakan untuk menilai kemampuan math literacy pada PISA yang disusun atas dasar PISA framework yang terkait dengan content, context, dan competence. Salah satu content PISA adalah change and relationship yang berkaitan dengan materi fungsi, aljabar serta persamaan dan pertidaksamaan. Materi tersebut rata-rata sudah diperoleh siswa ketika di bangku sekolah dasar dan di semester satu. Akan tetapi sebagian besar siswa belum terbiasa dengan soal pemecahan masalah, sehingga kemampuan siswa dalam memecahkan masalah masih tergolong kurang. Kemampuan siswa di SMP Negeri 12 Jember dalam menyelesaikan permasalahan kehidupan sehari-hari tergolong kurang, sehingga diperlukan suatu strategi pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Model problem solving performance modelling mengajarkan cara memodelkan atau memberikan contoh bagaimana suatu kemampuan pemecahan masalah matematika dinilai. Oleh karena itu, model problem solving performance modelling sangat cocok untuk dijadikan sebagai alternatif pembelajaran pemecahan masalah.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76867
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nur Rovita Sani 120210101044-1.pdf3.71 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools