Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76781
Title: PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DENGAN SOFTWARE CIRCUIT WIZARD PADA PEMBELAJARAN FISIKA MATERI HUKUM KELISTRIKAN DI SMK
Authors: Indrawati
Subiki
A'YUNIN, Qurroti
Keywords: INKUIRI TERBIMBING
SOFTWARE CIRCUIT WIZARD
Issue Date: 25-Aug-2016
Abstract: Pembelajaran fisika di SMK termasuk dalam kategori kelompok program adaptif, akan tetapi siswa SMK lebih menyukai kegiatan praktek atau program produktif, daripada mata pelajaran adaptif. Secara umum pembelajaran fisika di SMK menggunakan model kooperatif dan demonstrasi, sehingga aktivitas belajar dan hasil belajar fisika siswa kurang maksimal. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif dan sesuai dengan hakikat fisika yaitu pembelajaran fisika terdiri dari proses dan produk, salah satunya dengan model inkuiri terbimbing. Selain itu, kemajuan teknologi menuntut pemanfaatan media berbasis komputer dalam proses pembelajaran, salah satunya software circuit wizard karena simbol gambar pada software ini sama dengan simbol gambar komponen rangkaian listrik, dan software ini dapat menampilkan simulasi hasil pengukuran arus (I) dan tegangan (V) listrik, sehingga proses pembelajaran tentang rangkaian listrik dapat lebih efektif dan efisien. Oleh karena itu penerapan model inkuiri terbimbing dan software circuit wizard diperkirakan dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran fisika, diharapkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan aktivitas belajar fisika siswa pada kelas eksperimen; 2) mengkaji pengaruh model inkuiri terbimbing dengan software circuit wizard terhadap hasil belajar fisika; dan 3) mengkaji hubungan antara aktivitas belajar fisika siswa pada kelas eksperimen. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMK Negeri 2 Jember pada 6 sampai 29 Oktober 2015. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas terhadap populasi dengan metode cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest-only control design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian pertama adalah Uji Independent Sample T-test (uji parametrik) dan Uji Mann-Whitney Test (uji non-parametrik) sedangkan untuk menguji hipotesis penelitian kedua dengan Uji Korelasi Produk Moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas belajar dari hasil observasi selama proses pembelajaran tiga pertemuan adalah sebesar 82,31% dengan kriteria aktif. Persentase terbesar pada motor activities sebesar 90,95% dan terendah pada oral activities sebesar 76,34%. Selain itu, untuk perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif, psikomotor, dan afektif dengan nilai Sig.(2-tailed) lebih kecil dari α = 0.05 yaitu 0.000 (kognitif - Uji Independent Sample T-test), 0.000 (psikomotor - Uji Mann-Whitney Test) dan 0.023 (afektif - Uji Independent Sample T-test), maka H0 ditolak, Ha diterima. Sedangkan untuk hubungan antara aktivitas dengan hasil belajar fisika kelas eksperimen menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi sebesar 0.533, sehingga ada korelasi antara aktivitas belajar dan hasil belajar dengan kriteria kekuatan korelasi cukup berarti atau sedang dan arah korelasi positif. Nilai Sig.(2-tailed) untuk korelasi aktivitas dan hasil belajar sebesar 0.002 atau < 0.05, maka H0 ditolak, Ha diterima. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) persentase rata-rata ketercapaian aktivitas belajar siswa kelas eksperimen adalah sebesar 82,31 % dengan kriteria aktif, (2) model inkuiri terbimbing (guided inquiry) dengan software circuit wizard berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar pada materi hukum kelistrikan di SMK, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas belajar dengan hasil belajar pada kelas eksperimen
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76781
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Qurroti A’yunin - 110210102033-1.pdf1.62 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools