Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76690
Title: PENERAPAN PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN PKn POKOK BAHASAN GLOBALISASI SEMESTER 2 SDN TEGALGEDE 02 SUMBERSARI JEMBER
Authors: Mardianti, Yayuk
Syarifuddin
PUTRI, Vindi Amelyana
Keywords: PROBLEM-BASED LEARNING
HASIL BELAJAR
MEDIA VIDEO
Issue Date: 19-Aug-2016
Abstract: Pembelajaran PKn disekolah dasar merupakan suatu proses belajar dan mengajar dalam rangka membantu peserta didik belajar dengan baik dan menjadi warga negara yang baik. Untuk mecapai hal tersebut maka guru perlu menyusun materi dan metode yang sesuai dengan tuntuan PKn. Namun berdasarkan hasil observasi awal, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan oleh peneliti di SDN Tegalgede 02 Sumbersari Jember diketahui bahwa aktivitas belajar siswa tergolong kurang sedangkan untuk hasil belajar mencapai kategori cukup. Pembelajaran yang dilakukan guru sama seperti pada umumnya masih menggunakan metode ceramah dan penugasan. Akibatnya aktivitas siswa dalam kelas rendah dan siswa terlihat tidak antusias dalam mengikuti pembelajara Pkn. Berdasarkan permasalahan tersebut dilakukanlah penelitian dengan menerapkan problem-based learning. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu Bagaimanakah penerapan problem-based learning berbantuan media video dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran PKn pokok bahasan globalisasi di SDN Tegalgede 02 Sumbersari Jember. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV melalui penerapan problem-based learning berbantuan media video pada pembelajaran PKn pokok bahasan globalisasi di SDN Tegalgede 02 Sumbersari Jember. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tegalgede 02 Sumbersari Jember dengan jumlah siswa 31 orang yang terdiri dari siswa laki-laki sejumlah 18 dan siswa perempuan sejumlah 13. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, dokumentasi, observasi dan tes. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan skor rata-rata aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus satu sebesar 40,5 % (kategori kurang aktif) pada siklus 1 menjadi 62,9% (kategori aktif), hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan skor rata rata aktivitas belajar siswa sebesar 22,4%. Pada siklus 2 Skor rata rata aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 yaitu dari 62,90% (kategori aktif) menjadi 77,41% (kategori aktif), hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan skor rata ata aktivitas belajar dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu sebesar 14,51%. Skor rata rata hasil belajar siswa pada pra siklus yaitu dari 61% (katagori cukup) menjadi 70,45% (kategori baik) peningkatan skor rata rata hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus 1 yaitu sebesar 9,45%. Pada siklus 2, skora rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 yaitu 70,45% (kategori baik) menjadi 80,12% (kategori sangat baik) peningkatan skor rata rata hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus yaitu sebesar 9,67%. Kesimpulan dalam penelitian adalah penerapan problembased learning (PBL) berbantuan media video dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran yang berkaitan dengan penerapan problem-based learning berbantuan media video bagi guru kelas yaitu dapat dijadikan alternatif dalam merancang pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi pihak sekolah yaitu lebih diperhatikannya proses pembelajaran di kelas dan media pembelajaran dipergunakan agar guru dapat meningkatkan mutu pendidikan. Bagi peneliti lain, yaitu dapat dijadikan referensi serta perlu adanya pengembangan mengenai pembelajaran yang menerapkan problem-based learning berbantuan media video agar tujuan pembelajaran dapat tercapai maksimal.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76690
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
VINDI AMELYANA P. - 120210204019 -1.pdf3.77 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools